Suksesnya Bakso Indonesia di Korea Oleh Subandi

Suksesnya Bakso Indonesia di Korea Oleh Subandi

Berita ini baru saya dapat setelah mencari di google. Ternyata terharu dan menggembirakan. Bayangkan, basis TKI di Korea Selatan yang mana merupakan negeri yang terkenal dengan segala glamor dan entertainnya ternyata menyimpan sejuta cerita inspirasi. Datang dari Bapak Subandi yang cerita ini saya kutip sedikit dari Tribunnews. Dengan gigih memperkenalkan bakso dan berdagang bakso di negeri ginseng tersebut hingga menjadi restoran bakso yang terkenal di sana.

Kok bisa?

Usia Bapak Subandi tidak muda lagi loh. Tahun ini saja beliau sampai di usia 42 tahun. Bayangkan di usia seperti beliau setidaknya seorang Bapak sudah memiliki pekerjaan tetap, bersama istri dan keluarga di rumah. Tapi beliau lain. Ada cerita menarik yaitu beliau mendirikan restoran Bakso di Korea dengan nama Bakso Bejo Korea. Dengan etos yang tinggi, beliau mampu mendirikan warlaba atau cabang hingga kepelosok kota-kota di Korea selatan. Bahkan sudah bisa dipesan secara online (kalau di Indonesia ini seperti Go-Jek).

Dengan cerdas beliau menyajikan masakan khas Indonesia yang semua orang suka. Di salah satu kota di Korea Selatan memang basisnya WNI hingga 30ribu orang. Tentu menjadi pelanggan utamanya. Belum lagi dari orang korea asli yang ingin mencicipi masakan khas Indonesia ini. Bahkan dagangannya bisa laris hingga 3 kwintal daging sapi dengan omset kotor 250 juta rupiah dalam waktu 4 jam. Benar-benar laris manis. Senang mendengarnya ternyata selalu ada orang Indonesia yang sangat berhasil di negeri orang lain.

TIDAK BERPUAS DIRI DAN TERUS BERKEMBANG

Salah satu tips yang paling berbahaya. Karena bagi setiap orang yang ingin jualan, membesarkan omset bukanlah semata-mata soal uang. Tapi juga sistem bisnisnya harus jelas dan benar-benar menguntungkan. Karena jika tidak bisa ambruk dan runtuh masih dikutip dari Tribunnews sendiri, Bapak Subandi ini ingin segera buka gerai di bandara-bandara Korea Selatan. Tujuannya? Tentu sebagai brand Indonesia dan tingginya wisatawan asal Indonesia ke Korea Selatan. Sehingga tidak lagi bingung mencari makanan yang halal dan sesuai dengan lidah.

“Jauh-jauh ke Korea Selatan kok cuma makan bakso sih.”

Itulah uniknya bisnis. Kadang yang kita tidak pahami malah menjadi sukses bagi orang lain. Di Korea Selatan sekarang sudah jadi tren Indonesia loh. Banyak sekali mahasiswa asal Korea Selatan yang ingin bekerja di Indonesia hingga jurusan Bahasa Indonesia pasti penuh peminat. Belum lagi beberapa acara televisi berupa reality show di Korea Selatan juga mengambil tempat di Indonesia. Salah satu kesuksesan orang Indonesia di negeri orang lain adalah karena lingkungannya.

Seperti Bapak Subandi ini. Di Korea Selatan sudah terkenal etos kerja yang tinggi seperti di Jepang. Sehingga sudah menjadi hal umum dan pemandangan sehari-hari bahwa beliau belajar dari orang Korea asli cara mencari uang dengan semangat dan etos kerja. Tidak sekedar mampu membuka bisnis saja, tapi juga membesarkan. Tantangannya tetap yaitu konsumen Korea tentunya. Karena mengenalkan bakso di negeri sendiri itu hal biasa. Tapi di negeri orang lain adalah tantangan. Jadi, salut buat Bapak Subandi yang terus berkembang.

SEMAKIN SUKSES MAKA SEMAKIN MERUNDUK

Masih soal berita sukses nih, datang dari Triawan Munaf yang dikutip dari metrotvnews. Sebagai kepala badan ekonomi kreatif melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan bertemu dengan 2 orang selebritas asal Korea Selatan yaitu Hyo-yeon SNSD dan Psy. Beliau menjelaskan bahwa bertemu dengan mereka berdua merupakan suatu yang sangat mengejutkan. Karena keduanya ramah-ramah.

Dirinya mengaku keduanya merupakan bentukan kultur langsung Korea Selatan dan juga gemblengan bertahun-tahun. Bahkan Bapak Triawan sendiri mengaku Psy merupakan leadership yang tangguh. Bahkan beliau menyarankan Indonesia segera meniru para artis Korea Selatan ini. Bukan stylenya tapi etos kerjanya, dukungan pemerintah dan juga ekosistemnya. Nah, sekali lagi disebutkan etos kerja. Karena memang etos kerjalah yang dapat mengantarkan kita menuju sukses.

Bagi anda yang sedang membuka usaha, jangan lupa untuk terus menambah etos kerja ya. Sekaligus mengembangkan diri, mengembangkan usaha. Jangan cepat berpuas diri dan juga, jika terlihat sudah semakin sukses, maka jangan lupa untuk tetap rendah hati. Karena kesuksesan tidaklah bertahan jika kita merasa bisa, merasa sombong, nantinya akan merendahkan orang lain dan juga akan menyerang diri kita sendiri.

Ke Korea Selatan, jalan-jalan, sekarang sudah bisa loh makan bakso. Hehe, jadi pengen.

Picture: Youtube

(Visited 62 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?