Sukses Memang Kita Sendiri yang Menentukan

Sukses Memang Kita Sendiri yang Menentukan

Saya tanya nih, pada anda yang sedang bekarya menjadi karyawan, maupun anda yang sedang berjuang mensukseskan bisnis, pasti sering dong main Facebook dan Instagram? Oke. Sip. Kalau begitu, siapa yang anda follow di Facebook dan Instagram? Mereka seorang artis? Mereka seorang politikus? Atau hanya teman-teman saja yang anda follow?

Saya sendiri tanpa sadar sejak semalam dan pagi ini mendapatkan AHA momen. Yaitu saat di beranda time line Facebook saya ada postingan dari Cristiano Ronaldo berisi motivasi.

Always Look To Improve Yourself. That’s The Key To Success

Wah, kebetulan sekali kan, bisa jadi bahan artikel terbaru di blog ini. Siapa yang tidak kenal dengan pesebak bola dunia yang satu itu. Bahkan sisi gelapnya masa kecil, hingga diejek sang guru karena tidak keinginan dan ambisinya sampai dikeluarkan dari sekolah, CR7 ini tetap saja mampu membuktikan dirinya untuk sukses. Dengan cara? IMPROVE YOURSELF! Tidak ada ceritanya loh, sukses datang dari langit. Atau malah berharap-harap dengan harta warisan? Jangan, karena ternyata tepat persis di tokoh Indonesia juga pernah memposting motivasi tepat 1 hari sebelum CR7 memposting motivasi di Facebook resminya.

Musuh Terbesar yang Menghalangi Cita-citamu Adalah Dirimu Sendiri!

Tahu postingan siapa? Ya, dari Bapak tercinta kita Ridwan Kamil di Instagram resmi beliau. Loh, kok bisa waktunya mepet ya sama CR7? Kebetulan saja mungkin loh. Tapi bisa kita tarik benang lurus yang menyatu. Bahwa konsep sukses itu sama. Mau itu dilakukan oleh pesebak bola terkenal atau Bapak walikota sama persis.

Kita Harus Jadi Lebih Baik dari Hari Sebelumnya. Sudah Itu Saja. Titik.

MINDSET SEBAGAI OWNER BISNIS HARUS BEGINI

  • Apa yang bisa aku lakukan hari ini untuk menambah inovasi produkku?
  • Apa yang bisa aku berikan pada karyawan sebagai bentuk kenyamanan dalam bekerja?
  • Sistem apa yang benar-benar efisien untuk menjawab semua keluhan pelanggan?
  • Haruskah aku merekrut Co-Founder untuk melancarkan perjalanan bisnisku?
  • Bulan lalu omset sudah Rp 50 juta! Bulan ini harus kita pertahankan!
  • 6 Bulan ini omset sudah stabil diangka Rp 80-100 juta. Mulai bulan besok harus ditingkatkan!
  • Cari solusi kenapa turn over karyawan sangat tinggi akhir-akhir ini! Adakah masalah di kantor yang tidak aku tahu!
  • Jika mengangkat seorang supervisor, aku ingin dia menyelesaikan tanggung jawab A tuntas bulan ini!

Jadi segera daftar apa saja yang bisa anda lakukan untuk bulan ini, tiga bulan ke depan, enam bulan kedepan sampai satu tahun kedepan. Tujuannya apa? Agar mindset anda terbentuk dan mudah dievaluasi. Banyak owner begitu saja melakukannya tanpa mencatatnya. Sehingga karena kesibukan memperbaiki disana-sini, dia lupa mana yang sudah dievaluasi dan mana yang belum. Mana yang butuh prioritas perhatian lebih mana yang tidak. Campur aduk dan malah menghambat bisnis anda melesat lebih jauh.

Tidak perlu yang konvensional kalau tidak mau menggunakan buku sebagai catatan. Silahkan catat saja di Ms. Word dan simpan berupa tanggal per dokumennya dan dikumpulkan dalam folder yang dinamai bulan. Ini sekali lagi efektif. Mengingat apa yang anda lakukan bisa sangat rinci dan spesifik. Istilahnya bisa sangat tajam nanti hasilnya dan mendekati apa yang ingin anda capai. Misalnya seperti dibawah ini.

Anda ingin memperbesar bisnis anda? Coba apa yang anda lakukan untuk menaikkan omset bulan ini? Oke, anda paham harus menambah karyawan. Jika anda tidak menuliskannya, anda akan menambah berapa karyawan? Divisi perusahaan mana yang karyawannya perlu ditambah? Penjualan misalnya, berapa orang? Waktu rekruitmennya berapa lama? Jika anda mencatat detail dan mengavaluasinya di bulan depan, anda bisa segera bergerak ke hal lain atau jika gagal, anda bisa mencari solusi dan cara lain.

MINDSET SEORANG KARYAWAN HARUS BEGINI

Ingat, yang berkembang tidak hanya yang punya bisnis loh. Tetapi anda sebagai karyawan juga harus berkembang. Mindsetnya bisa seperti ini,

  • Bagaimana agar saya mengerjakan hal yang sama setiap hari lebih efisien dan tidak buang-buang waktu?
  • Apa yang harus saya lakukan di pagi hari agar bisa cepat termotivasi?
  • Bagaimana cara menegur teman kerja yang menghambat kinerja saya ya?
  • Ada ide yang ingin saya sampaikan ke atasan, tapi malu untuk bicara saat brifing, enaknya gimana ya?
  • Saya tidak paham tentang hal ini, bisakah saya minta atasan untuk mendapatkan pendampingan?
  • Saya ingin dapat ilmu lebih dari ini, adakah seminar yang bisa saya ikuti baik dari perusahaan maupun diluar perusahaan?
  • Harus mencatat visi misi untuk 5 tahun kedepan! Saya gak mau kalau 5 tahun ke depan masih gini-gini aja!

Untuk apa sih karyawan ikut pusing? Mudahnya begini, semakin karyawan berprestasi maka perusahaan juga semakin maju. Penggerak utama perusahaan bukanlah produknya. Tapi karyawan yang menjadi bagian operasionalnya. Baik dari produksi sampai distribusi. Baik dari marketing sampai akuntansinya. Semuanya berperan. Tidak mengherankan perusahaan yang skalanya sudah internasional, kesadaran akan bekerja keras oleh karyawannya juga tinggi.

Tapi itu kan karena fasilitas dan gaji karyawan juga keren di sana. Benar, tapi bukan menjadi alasan anda tidak bisa bekerja optimal kan? Jika anda menanti gaji dan fasilitas perusahaan hebat dulu baru bisa bekerja optimal, maka semestinya sudah dari awal bekerja anda memilih dan masuk di perusahaan yang menyediakan hal itu. Nah, untuk itu, mulailah membangun mindset positif itu kembali. Tidak perlu lagi mengeluh pada yang ada sekarang dan fokuslah pada problem solvingnya.

Ingin sukses? Yuk, sudah banyak orang-orang berprestasi yang kita kenal dan kita tahu selalu melakukan hal diatas. Perbaiki bahkan sejak dari mindset dulu. Lalu segerakan bertindak untuk mendapatkan hasilnya. Kemudian terakhir evaluasi, perbaiki lagi baik gagal maupun tidak dan juga terus berinovasi. Sukses akan datang padamu jika kamu berambisi dan komitmen untuk meraihnya, maka akan bisa tercapai.

(Visited 66 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?