Strategi Tepat Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

Strategi Tepat Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

Strategi Tepat Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan – Dalam mengembangkan bisnis, memperoleh pelanggan tetap begitu penting. Dengan hadirnya pelanggan tetap, kita akan lebih mudah melakukan pemasaran. Dalam membangun basis pelanggan, anda harus memperhatikan kepuasan mereka. kepuasan pelanggan tidak bisa diukur berdasarkan perkiraan. Maka dari itu, anda sangat memerlukan strategi tersendiri dalam mengukur kepuasan pelanggan. Dari kepuasan pelanggan inilah kita bisa melakukan evaluasi usaha dan memperbaiki kinerja.

Dengan kinerja yang terus diperbaiki, diharapkan pelanggan akan merasa lebih puas dan akan loyal dengan brand anda. Dalam mengukur kepuasan pelanggan, anda bisa melakukan beberapa cara yang mudah. Dari teknik tersebut pula kita bisa tahu bagaimana pandangan kebanyakan konsumen terhadap brand. Memaksimalkan proses branding juga lebih mudah dengan mengukur bagaimana kepuasan pelanggan. Nah, jika penasaran apa saja strategi untuk mengukurnya, berikut cara mengukur kepuasan pelanggan yang bisa anda coba.

Strategi Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

  1. Sistem keluhan dan saran

Saran serta keluhan dari pelanggan begitu penting. Sebab dari sinilah kita bisa mengevaluasi cara kerja perusahaan. Kotak saran bisa anda tempatkan di area kasir atau resepsionis. Tempatkan di area yang mudah dilihat pelanggan. kotak saran ini juga bisa didesain di toko online. yakni di kolom komentar atau di kolom tersendiri. Sayangnya metode satu ini sifatnya pasif dan kurang efisien jika tidak dibarengi metode lainnya.

  1. Ghost shopping

Anda bisa mempekerjakan beberapa orang untuk menjadi pelanggan atau bersikap sebagai pembeli potensial pada perusahaan pesaing. Peran ghost shopping akan membetikan anda laporan bagaimana kelebihan dan kelemahan perusahaan tersebut. selain itu, ghost shopper juga bisa mengevaluasi bagaimana pesaing melayani konsumen. Mengetahui hal tersebut sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan sendiri agar mampu lebih berkembang.

  1. Lost customer analysis

Metode satu ini bisa dilakukan dengan menghubungi pelanggan yang telah berhenti berlangganan atau yang beralih ke produk lain. Anda bisa mendengar dengan jelas apa keluhan mereka dan apa yang diinginkan agar mau berbelanja lagi dengan anda. metode satu ini memerlukan pendekatan yang lebih personal. Database yang baik akan memudahkan anda mengidentifikasi pelanggan yang sudah lama berhenti.

  1. Survei kepuasan pelanggan

Melalui survei perusahaan akan lebih tahu tanggapan serta timbal balik dari konsumen secara langsung. Selain itu, survei juga bermanfaat untuk memahami apa saja yang diinginkan oleh pelanggan. dengan tahu apa saja yang diinginkan konsumen, anda tidak perlu bingung dalam menentukan produk atau inovasi jasa, merencanakan strategi pemasaran, dll. Anda bisa mengadakan survei secara online. Baik di media sosial atau toko online.

Demikian beberapa strategi yang bisa dicoba dalam mengukur kepuasan pelanggan. Semoga bermanfaat.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?