buang sosmedmu demi kreativitasmu

Singkirkan Sosmed, Kreativitas Ed Sheeran Meningkat Pesat

Gimana sih caranya agar bisa kreatif? Pertanyaan paling sering sekali kita temu pada mereka yang masih saja bingung soal mengatur dirinya sendiri. Terutama masih harus dipandu dalam mengatur motivasi dan semangat dalam hal berkarya. Padahal cara sederhana selalu bisa kita lakukan. Salah satunya, BUANG SOSMEDMU!

Kantor memasuki jam-jam kurang produktif ada 2 tahapan yang paling sering ditemui. Pertama, saat mendekati jam makan siang. Kedua, setelah jam makan siang. Eits, belum sampai di situ saja. Terakhir, saat mendekati jam pulang kantor.

Tidak mengherankan, urusan kreatif ini menjadi momok bagi banyak orang karena mereka tidak mau keluar dari ZONA NYAMAN mereka.

Salah satu zona nyaman itu jelas adalah sosial media.

Fakta mengejutkan datang dari Ed Sheeran. Siapa sih yang tidak tahu penyanyi bersuara merdu dengan lirik yang magis dan tentu disukai oleh banyak kalangan. Murni benar-benar karya yang diciptakannya, tanpa perlu video musik yang menonjolkan kemewahan, hal yang berbau dewasa, karena musiknya sendiri mampu menembus berbagai negara dan diterima oleh berbagai budaya.

Dikutip dari Kompas, bahwa Ed Sheeran ini sebelum menciptakan lagu legendaris yang sudah sering kita dengar yaitu Castle on the Hill dan Shape of You melakukan gebrakan besar dalam hidupnya.

MEMBUANG JAUH-JAUH SOSMED!

Ya, ini bukan kabar bohong. Sudah dikutip banyak portal berita bahwa Ed Sheeran mengakui setelah berhenti terus mengakses sosial media seperti twitter, dirinya cenderung lebih positif. Hal itu membuat dirinya fokus menciptakan karya seperti dua lagu diatas yang fenomenal.

Itu kan Ed Sheeran yang jelas kreatif. Oh, tidak, kini coba lakukan permainan kecil ini di kantor, untuk kantor anda atau saat di rumah.

SATU HARI TANPA SOSMED!

Buat sebuah game untuk diri anda sendiri dulu. Satu hari tanpa sosmed. Tanpa mengecek WhatsApp, Twitter, Facebook, Instagram, Line, atau forum online dan portal berita online apa pun melalui handphone anda. Ya, satu hari saja. Full 24 jam.

Kedua, lakukanlah hal yang ingin anda lakukan dan berkutat di dalamnya selama seharian itu. Saya mencobanya dan berhasil. Sudah lama tidak bisa menyelesaikan satu buku, maka saya tekadkan dalam acara mudik lebaran kemarin, saya membeli banyak buku dan membacanya. Satu saja saya fokus dan berhasil menyelesaikan satu buku.

Buku yang saya selesaikan adalah buku dari Rena W. berjudul What Happen At The Office: Ngantor Segan, Nganggur Tak Mau.

Saya baca kembali lagi dan lagi dalam satu hari itu dan saya merasa puas sekali. Setelah sibuk berhari-hari dengan chat, sosmed, forum online, saya berhasil berdiam diri, merenung, membaca buku dan mengambil manfaat dari apa yang saya baca.

Itulah yang terjadi pada Ed Sheeran. Bedanya, dia mampu melakukan gerakan keluar dari zona nyamannya secara frontal. Benar-benar berhenti mengakses sosial media.

Lihat, ternyata kreatif itu mudah kan? Karena yang kita butuhkan hanyalah fokus disana.

HASIL BESAR BUTUH PENGORBANAN BESAR!

Mau sesukses Ed Sheeran? Maka dari itu mulai sekarang main internetnya gak melulu baca berita gak penting, lama-lama main sosial media, apalagi harus ikut nimbrung di forum online yang gak jelas arah tujuannya.

Tapi kan kita butuh hiburan, terus gimana?

Hiburan boleh. Layaknya seorang bekerja dari senin sampai sabtu, maka liburannya ya di hari minggu. Bukan mencuri-curi waktu disela pekerjaan dan akhirnya tidak fokus menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Jika kamu bekerja, kamu pasti akan melihat di kantor, pabrik, atau tempat kerjamu mereka yang fokus pada pekerjaannya. Biasanya mereka memang tidak sibuk dengan handphonenya apalagi hanya untuk mencuri waktu bermain-main. Semakin besar yang kamu korbankan, maka hasilnya juga semakin besar nanti.

Sosial media adalah hal yang besar yang tidak bisa kita lepaskan, benar? Ya!

Maka dari itu, sudah sadarkah dirimu sekarang ingin menjadi orang yang kreatif dan melahirkan karya-karya baru, atau sebaliknya. Memilih untuk menjadi biasa-biasa saja dan ikut arus tanpa mau menyingkirkan hal-hal yang mengganggu konsentrasimu.

Contoh paling sering kita temui adalah banyaknya karyawan yang resign bukan karena mereka tidak serius bekerja. Tapi karena mereka serius bekerja, lalu juga serius dalam mengembangkan dirinya setelah pekerjaan, dan memulai sesuatu yang baru untuk bisa lebih sukses.

Coba cari referensi karyawan yang resign dan sukses membangun bisnis. Itu semua karena kreativitasnya muncul karena fokusnya. Tapi lihat juga mereka yang resign dari kantor tetapi malah sama saja tidak kunjung sukses. Biasanya mereka mencari-cari alasan untuk dirinya sendiri, berlindung dari kenyataan bahwa mereka belum mau mengorbankan hal yang paling mengganggu dalam hidup mereka.

Sosial media bisa menjadi wadah kreativitasmu. Tapi jika tidak, coba untuk rehat sejenak dari aktifitas update status itu atau saling like dan memberikan komentar. Maka kamu akan tahu hasilnya dan kamu akan merasa bangga dengan pencapaian yang kamu raih sendiri.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?