Salah Satu Memfokuskan Pikiran Adalah Melalui Suara

Salah Satu Memfokuskan Pikiran Adalah Melalui Suara

Ya, hampir semua orang begitu. Kita selalu hidup dipenuhi dengan berbagai macam suara. Bahkan di hari minggu yang tenang ini saja, selalu ada suara yang mengganggu. Bahkan kadang menjengkelkan. Suara pun demikian dapat mengganggu ketenangan batin dan pikiran seseorang. Bahkan telah dijelaskan dalam blog bengreenfieldfitness bahwa suara itu dapat mengubah gelombang pada otak. Yang mana mampu untuk meningkatkan peforma seseorang. Karena otak memiliki 4 gelombang yang dapat dipengaruhi melalui suara. Dari keempat gelombang tersebut beberapa ada yang memang ditujukan untuk menenangkan diri, relaksasi dan juga meditasi.

Tapi kita tidak akan berbicara mengenai gelombang otak. Yang akan kita bicarakan adalah tentang suara ternyata dapat mempengaruhi kinerja seseorang di kantor. Tapi kan di kantor jelas tidak boleh mengakses Youtube? Tidak bisa mengakses spotify atau joox. Suara yang dihasilkan sebenarnya bukan sekedar suara musik saja. Intinya benar-benar suara yang kita ijinkan masuk untuk membuat diri kita rileks. Tidak harus ada penyanyinya. Untuk itu suara yang seperti apa yang bisa kita dengarkan melalui internet tanpa mengganggu kinerja di kantor. Tapi malah meningkatkannya.

DENGARKAN SUARA-SUARA DARI ALAM

Kita lebih tidak mungkin lagi sekedar keluar kantor mendengarkan merdunya nyanyian alam kan? Mustahil apa lagi bagi anda yang bekerja di kota besar seperti Jakarta. Menghadirkan alunan musik untuk diri sendiri melalui internet ternyata mudah. Anda tidak perlu capek-capek browsing dan mendownload suara-suara tentang alam. Cukup akses satu website ini, berhubung website ini masih ada dan berjalan, maka anda sendiri bisa mengaksesnya dan menikmatinya.

SOUNDROWN

Cek ke website tersebut. Anda akan disuguhkan dengan 10 panel suara alam. Yaitu suara di kedai kopi, suara hujan, suara ombak, suara api unggun, suara burung, suara di malam hari, suara kereta api, suara air mancur, suara televisi yang tidak ada siarannya, dan suara taman bermain anak. Suara-suara ini nyatanya bisa kita dengarkan secara tunggal, semisal ingin suara hujan saja saat di kantor suasana lagi panas dan suntuk. Atau bisa juga kita kombinasikan menjadi 2 atau lebih suara. Semisal suara ombak dan taman bermain anak. Cukup seru karena benar-benar pengulangan suara tanpa perlu ada musik dan orang bernyanyi.

Soundrown sendiri masih saya pakai kalau di kantor mendengarkan musik juga penat, tetapi butuh suara-suara di lain suara kantor yang sesak. Gunakan ini, akses melalui handphone atau komputermu. Dengarkan dan rileks. Apalagi ditambah secangkir kopi hangat dan cemilan. Tidak mengherankan kinerja karyawan hebat di kantor juga dipengaruhi oleh musik. Buktikan dan kinerjamu akan meningkat dari hari-hari biasanya. Selain soundrown ada gak? Ada.

Coba ke soundsnap. Bedanya, website soundsnap tidaklah praktis. Anda butuh tahu persis suara apa yang ingin anda dengar. Tapi banyak sekali jenis suara yang disajikan. Saya bahkan bisa mendengar suara pesawat boing ingin tinggal landas. Mirip seperti di bandara. Memang disediakan kategori untuk mencari jenis suara yang anda mau. Tidak praktis jika anda ingin segera menenangkan diri di kantor. Entah pekerjaan tidak beres, atasan adanya emosi sampai rekan kantor yang nyebelin saya tetap menganjurkan soundrown. Karena soundrown sendiri banyak didengarkan oleh orang-orang Amerika Serikat.

DENGARKAN MUSIK JAZZ DAN HUJAN TANPA ORANG NYANYI

Musik jazz dianggap sebagai musik dengan alunan yang abstrak. Tidak benar-benar mengikuti pola tertentu. Sehingga dianggap juga menenangkan pikiran. Karena kita tidak perlu fokus dan pusing pada suara orang bernyanyi dan pada lirik lagunya. Cukup mendengarkan alunannya dan kita siap terjebak nostalgia. Hehe.

Silahkan kunjungi JAZZANDRAIN. Cukup play, atur volume suara hujan dan musik jazznya, dan anda sudah bisa lebih fokus sekarang dengan pekerjaan kantor yang berat dan rumit untuk diselesaikan. Website tersebut malah banyak pengunjungnya dari Jepang loh. Aneh ya? Saya kira pasti banyak di dengar dari Amerika Serikat. Tapi ya sudahlah kita nikmati saja. Seperti orang-orang Jepang yang ternyata juga menyukai musik jazz.

Namun saya belum menemukan website sejenis yang benar-benar mirip dengan jazz and rain ini. Baik dari sisi kualitasnya dan kemudahan dalam penggunaan.

Kenapa sih harus suara atau musik tanpa lirik dan orang bernyanyi?

Pertama jelas musik pada umumnya berpengaruh pada diri kita. Jika anda mendengarkan musik sendu, liriknya lagi patah hati, anda yang sedang tidak merasakan patah hati akan ikut juga merasakan patah hati. Aneh ya? Tapi itulah kenyataannya. Jadi lebih baik mendengarkan suara-suara yang memacu produktifitas di kantor. Bukankah anda ingin sukses dengan segera? Jangan sia-siakan mendengarkan musik yang malah bikin tidak bersemangat.

Kedua jelas orang kantor tidak semua setuju dengan pilihan musik yang diputar di kantor. Saya tidak pernah memaksa orang kantor mendengarkan dari dua website tersebut. Tapi saya pun punya hak untuk tidak mendengarkan musik-musik yang lagi sendu dan mendayu-dayu. Malah bikin sedih dan baper kan? Lebih baik disingkirkan dan fokus kembali bekerja.

Jadi, ayo fokuskan diri mendengarkan suara-suara yang tidak membuat diri semakin negatif.

Photo by Matt Hoffman on Unsplash

(Visited 77 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?