Salah Memahami Logika Hingga Gagal Terus Menerus

Salah Memahami Logika Hingga Gagal Terus Menerus

Melihat video berdurasi singkat tentang speech dari interview atau podium seseorang yang telah sukses itu lebih memudahkan kita, untuk bisa terus menerus termotivasi. Salah satu video berjudul,

HOW SUCCESSFUL PEOPLE THINK – Motivational Video, telah saya tonton yang berisi kompilasi atau kumpulan video motivasi dari banyak wawancara orang-orang sukses di Amerika. Dari aktor, gubernurnya, atletnya, benar-benar sukses itu ternyata konsepnya sederhana. Video yang telah ditonton sebanyak 3 juta orang itu ternyata juga dikomentari banyak pengguna Youtube.

Namun ada satu quote dalam video tersebut yang benar-benar menggelitik untuk dibahas. Bukan mengenai kerja kerasnya. Bukan mengenai cara berpikirnya untuk bisa terus konsisten melakukan hal yang lebih baik dan lebih baik lagi ke depannya. Ada satu hal yaitu,

Shoot fot the moon. Even if you miss, you will land among the stars. – Les Brown

Dan benar. Kali ini pembahasan sederhana kita di artikel ini adalah mengenai False Logic.

APA ITU FALSE LOGIC ATAU LOGIKA YANG SALAH?

Beberapa orang dengan bangga memberikan jawaban sebagai alasan kegagalan yang mereka dapati dalam hidup. Aneh memang, padahal namanya kegagalan ya tetap saja kegagalan. Bukan malah menjadikan sebuah nasihat, motivasi, atau menyikapi suatu hal dan mencari pembenarannya. Langsung saja ya, contoh dari logika yang salah dalam menanggapi suatu motivasi atau quote.

Buah tidak jatuh dari pohonnya.

Seseorang mengatakan ini untuk membuktikan bahwa mereka yang sukses biasanya lahir dan dibesarkan oleh orangtua yang telah sukses sebelumnya. Sehingga menutupi kegagalan dan menyalahan keadaan. Bahwa dia tidak hidup dari keluarga yang seperti itu. Padahal, bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak bukti, seorang yang mampu kuliah hingga keluar negeri, tapi ayahnya hanya seorang tukang becak. Atau seorang yang bahkan keluarganya adalah keluarga yang sederhana, tapi berhasil menjadi manager di perusahaan luar negeri yang mendunia. Coba kita lihat lagi, kesalahan dalam berpikir dengan quote berikut ini.

Mimpilah setinggi-tingginya, raihlah cita-citamu.

Seseorang yang berpikiran salah akan mengatakan hal ini. “Ngapain kita musti mimpi tinggi-tinggi? Toh, kalau tidak terwujud, bakal sakit juga.” Lihat kan betapa cara berpikir yang salah mampu membuat seseorang menjadi pesimis dalam hidupnya. Hal ini bisa anda temukan dibanyak percakapan di sosial media atau kehidupan sehari-hari. Hal yang banyak saya temui adalah perkataan seperti ini.

“Lah, hidupkan tidak seperti omongannya Mario Teguh.” Dari hal itu saya bisa pastikan, hidupnya juga tidak banyak hal positif. Karena dirinya sudah menganggap bahwa nasihat dan perkataan baik dari orang lain adalah sia-sia. Sedih ya? Tapi itulah false logic. Logika yang salah dalam kehidupan kita sebagai alasan dibalik kegagalan yang kita terima. Artinya, kita sering sekali menyalahkan oranglain, menyalahkan keadaan, atas kegagalan yang terjadi.

APA YANG HARUSNYA KITA LAKUKAN?

Untuk menghindari false logic tidak ada cara lain selain kita mengakui diri kita sendiri secara jujur dan ikhlas bahwa kita ini salah. Ya, kita ini gagal. Ya, kita ini belum berhasil. Hal ini harus direnungkan setiap hari, di akhir pekan, hingga kita sadar bahwa, apa pun yang baik ada disekitar kita tidak akan kita tolak lagi.

Dalam video yang telah saya berikan linknya diatas, salah satu pelari Usain Bolt menjelaskan dalam sesi latihan larinya bahwa kompetisi adalah hal yang mudah dilalui. Tapi dibalik itu semua, berupa usaha, konsistensi, tetap berpikir positif, adalah hal lain yang jauh lebih sulit untuk ditaklukkan. Karena pada dasarnya setiap orang akan berhenti setelah dia menemukan masalah yang sulit dihadapi.

Begitulah cara kerja sukses yang sederhana. Semua berawal dari Mindset. Ada artikel saya sebelumnya yang menjelaskan ini silahkan dicari ya. Karena mindset ini adalah faktor pribadi. Jika seseorang memang tidak mau mengubah mindsetnya, cara berpikirnya masih saja salah, ya susah. Mau dinasihati seperti apa pun dia tetap akan berkata,

“Kamu sih, ngomong aja enak.” Susah ya? Tapi inilah tantangan hidup. Tapi inilah fakta bahwa orang sukses memang sedikit jumlahnya. Karena yang mau berpikir benar itu memang sedikit.

Satu lagi sebagai penutup, sebuah pepatah yang sering disalah artikan oleh banyak orang,

“Seperti ketiban durian nih.”

Sebagian akan mengatakan keberuntungan yang harus dikejar, sebagian yang lain akan mengatakan,

“Lah, ketiban durian kan sakit, repot amat sih duduk dibawah pohon durian.”

Hal inilah yang harus kita waspadai. Setiap dari nasihat dan pepatah, atau apa pun hal baik selalu bisa dibalikkan dengan fakta-fakta yang salah. Logika-logika yang salah untuk membuat kita tidak lagi mau mencoba dan berusaha.

Yuk, kita perbaiki lagi cara berpikir terhadap apa pun apalagi terhadap nasihat-nasihat baik yang sering kita dengar. Agar kita sendiri mampu dan mau meraih cita-cita dan kesuksesan yang sudah di depan mata.

Photo by Aneta Ivanova on Unsplash

(Visited 119 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?