Pekerjaan Yang Masih Dicari di 2019

Pekerjaan Yang Masih Dibutuhkan di 2019

Pekerjaan apa sih yang masih dicari di tahun 2019 ini? Jawabannya akan banyak sekali. Tapi bagi kamu milenial atau generasi Z yang mana lahir mulai tahun 1980an sampai sekarang yang udah mau lulus SMA/SMK ada beberapa pekerjaan yang benar-benar sangat dibutuhkan banget tapi masih kekurangan sumber daya manusianya. Kok bisa?

Jadi semenjak tahun 2008 sampai sekarang yang sudah 11 tahun, perkembangan bisnis online di Indonesia semakin cepat dan pesat. Nah, dulu yang mana orang berlomba-lomba untuk membuka bisnis online, sekarang mereka pada cari karyawan. Yang mana dulu dikerjakan sendiri sekarang butuh bantuan tenaga kerja. Tapi sayangnya, anak-anak muda ini pada buta soal dunia online. Bisa pakainya tapi tidak mampu membuatnya jadi lebih kreatif. Oke, ada 3 lowongan pekerjaan setidaknya yang harusnya mulai kamu pelajari agar mudah mendapatkan pekerjaan dan bisa bersaing ketat dengan siapa pun. Apa saja itu?

Lowongan Kerja CopyWriter

Lowongan kerja sebagai copywriter ini sangat banyak sekali dibutuhkan. Lalu pekerjaan apa ini? Banyak yang mengira pekerjaan ini hanyalah pekerjaan menulis sederhana dan semua orang bisa melakukannya. Nyatanya? Tidak! Kenapa? Karena merangkai kata-kata menjadi kalimat yang menarik butuh keahlian dan pembelajaran khusus.

Memang ada ya pekerjaan ini? Ada dan banyak sekali. Yang lagi heboh di tahun 2019 ini adalah pekerjaan tentang membuat caption Instagram. Loh aneh kan? Emang aneh tapi banyak yang cari. Kenapa? Karena pemilik bisnis online sendiri merasa caption yang mereka buat tidak mendatangkan keuntungan bagi mereka. Dan ini masih salah satu contoh saja.

Jadi, silahkan cari apa pun perihal copywriter ini ya. Untuk bisnis kedepannya sangat dibutuhkan. Ibaratnya adalah marketing secara online. Mengumbar kalimat melalui kata-kata agar orang mau membeli produk tersebut. Begitulah sederhananya. Tapi prakteknya susah loh. Kalau asal bikin ya pembeli gak akan beli. Coba deh cari di internet, ini juga berkaitan dengan dunia periklanan. Dan di tahun 2019, lowongan pekerjaan copywriter masih sangat dicari.

Lowongan Kerja ContentWriter

Berbeda dengan copywriter, contentwriter ini sendiri adalah pekerjaan yang mana berkaitan langsung dengan sosial media. Kalau copywriter lebih kepada periklanan online secara luas, maka content writer adalah orang yang bertanggung jawab langsung membuat konten, isi, atau berita atau postingan di sosial media. Banyak lowongan ini dinamakan juga sosial media marketing, sosial media manager, dan sejenisnya.

Coba cek akun-akun selebgram atau jualan online dari produk terkenal. Nah, itu ada yang ngurus. Pemilik bisnisnya sendiri gak bakal bisa ngurus itu semua. Karena banyak yang harus dia pikirkan dari produksi sampai pengiriman ke konsumen maka sosial media harus ada yang mengurusi. Karena sosial media juga semakin berkembang tidak hanya Instagram, Facebook dan Twitter nantinya, maka lowongan pekerjaan contentwriter ini masih sangat dibutuhkan.

Ayo, siapa yang bercita-cita menjadikan sosial medianya keren dan menjadi tim dari perusahaan yang mengerjakan sosial media? Nah, maka dari itu kamu bisa mencari ilmu dulu tentang contentwriter di internet. Tidak terbatas soal tulisan juga loh. Tapi menyusun gambar, merencanakan ide, tema, dan lainnya.

Lowongan Kerja Desain Grafis

Sampai detik ini, banyak pemilik bisnis online tidak bisa membedakan dan banyak yang tidak mau repot soal desain dari tampilan produk mereka di sosial media. Sehingga lowongan pekerjaan desain grafis akan terus dibutuhkan bahkan tidak hanya di tahun 2019 saja. Tapi sampai tahun-tahun ke depan. Oke, desain gratif ini mencangkup apa saja sih pekerjaannya?

Pertama dia bisa bekerja menyusun desain untuk produk yang di posting di sosial media. Tidak mungkin polos kan ya? Pasti ada desainnya. Kedua juga dia akan mengambil alih fotografi perusahaan. Karena modal gajinya kecil, bisnis online akan merangkap pekerjaan ini menjadi satu dan di bawah desain grafis. Tidak heran seorang desain grafis tidak hanya bisa mendesain tapi juga fotografi. Ketiga adalah video grafis. Masih dalam desain namun lebih sulit lagi, tapi sangat dibutuhkan yaitu video grafis. Banyak sekarang pebisnis online ingin agar produk mereka bisa punya video promosi. Nah, tapi tidak ada yang bisa mengerjakan. Ini kesempatan besar bagi kamu yang ingin bisa dapat pekerjaan dengan mudah yaitu dengan cara belajar langsung dunia video grafis.

Oke dari ketiga itu ada lagi gak lowongan kerja yang dibutuhkan di tahun 2019? Ada sih yang berkaitan dengan dunia bisnis online sekarang ini. Tapi mungkin tiga itu dulu ya. Karena ketiganya sangat berkesinambungan. Kalau kamu bisa salah satunya atau salah duanya, kamu bisa mendapatkan poin plus nanti saat wawancara kerja. Mungkin itu dulu kalau kamu punya pertanyaan bisa tanyakan di kolom komentar ya.

Photo by rawpixel on Unsplash

(Visited 23 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?