Mudah Termotivasi dengan Menjaga Pola Tidur

Mudah Termotivasi dengan Menjaga Pola Tidur

Tidur larut melewati jam 10 malam sekarang sudah hal yang biasa. Pikiran kita sendiri tidak bisa benar-benar tenang. Bahkan sampai ke alam mimpi. Beberapa waktu yang lalu saat saya mendengar tausiah Ustad Somad di Facebook, beliau menjelaskan manusia mengalami tiga jenis mimpi. Pertama datangnya dari setan berupa gangguan. Kedua berupa ilham dari malaikat berupa pengingat diri agar segera bertobat. Ketiga yang paling sering kita alami adalah tidak tuntasnya urusan saat di siang hari dan terus terbawa hingga mimpi.

Ternyata bukan cuma teori semata. Tidak jarang bagi mereka yang mengalami insomnia, cukup sering mengalami pikiran-pikiran yang tidak menenangkan. Akibatnya sebelum menjelang tidur, kita memang tidak bisa bebas dari belenggu rasa tertekan. Saya juga masih berjuang untuk lepas dari hal-hal dimalam hari, segera dituntaskan sebelum tidur, masih berkutat dengan internet dan hape. Kadang menyiksa tau-tau tidur sudah lewat dari jam 12 malam. Paginya bangun mendadak, terburu-buru dan juga tidak termotivasi. Pekerjaan pun beberapa kali terkendala dan tidak selesai dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara agar anda bisa segera tidur tepat waktu dan bangun lebih awal untuk bisa membangkitkan motivasi.

COBA TIDUR DIBAWAH JAM 10 MALAM

8 Jam sehari adalah jam tidur sangat ideal bahkan untuk orang dewasa. Banyak yang sekarang sulit mencobanya termasuk anda kan? Cobalah saja, satu hari, rusak pola tidur lama yang membuat anda harus tidur saat jam 10 keatas. Jika bukan karena pekerjaan di kantor atau pabrik, anda di rumah, segerakan tidur. Pertama yang akan anda dapati adalah kesulitan luar biasa mencoba merusak pola tidur lama anda. Di jam 9 malam persiapan mau tidur, anda akan sering mengecek hape, internet, laptop, televisi, tidak juga segera menginstirahatkan tubuh.

Tidak cuma itu, tapi di jam itu pun tetangga kamar kos anda, tetangga rumah anda, nyatanya juga belum memasuki jam tidur. Sehingga para tetangga masih asyik mengobrol dan juga cukup mengganggu. Tantangannya memang tidak mudah ya? Belum lagi jika jam makan malam anda ternyata di jam 8 malam. Anda baru selesai menikmati makan malam yang nyatanya sudah dianggap sebagai jam makan malam yang kurang sehat. Baru jam 9 malam anda tidak merasa ngantuk karena perut masih penuh. Akhirnya anda menghabiskan waktu sampai jam 10 dengan berbagai rutinitas. Malah sebaliknya semakin sulit untuk tidur.

Cara termudah, tercepat dan terekstrim adalah memulai tidur segera di satu hari di bawah jam 10 malam. Jauhkan hape dari tempat tidur anda, laptop, dan apa pun yang bisa mengganggu jam tidur anda. Saya berhasil mencobanya beberapa kali apalagi jika benar-benar ingin paginya termotivasi. Entah ada meeting, ada grup diskusi, ada tugas baru di kantor, karena saya lancar bangun lebih pagi. Tidak terburu-buru dan tergesa-gesa. Intinya, ubahlah gaya hidup anda salah satunya pola tidur malam.

GUNAKAN BERBAGAI MACAM OBAT UNTUK MEMACU ANDA TIDUR CEPAT

Tidur larut bisa menyebabkan insomnia. Bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika anda lakukan terus menerus. Namun baik sadar maupun tidak, kebiasaan juga nantinya yang membuat kita bisa menjadi insomnia. Banyak obat baik herbal maupun kimia yang bisa dikonsumsi untuk memacu tidur. Bahkan cara seperti relaksasi dan meditasi sebentar, latihan mengatur ritme nafas, yoga bahkan olahraga ringan, minum susu yang dicampur madu hangat, bisa juga membantu anda untuk segera mendapatkan momen ngantuk dan tidur lebih cepat.

Satu hal lagi yang perlu anda pahami, obat tidur kimia harus anda dapatkan melalui resep dokter ya. Beberapa negara di luar Indonesia bisa mendapatkannya tanpa resep dokter. Namun di Indonesia bisa berbahaya dan termasuk penyalahgunaan obat. Untuk itu obat pemacu tidur bisa didapatkan dengan berkonsultasi dulu dengan dokter.

Jika anda bisa tidur setidaknya jam 10 malam tepat, maka 6 jam berikutnya yaitu jam 4 pagi, anda sudah merasa cukup mendapatkan waktu tidur semestinya. Bahkan jika kesiangan sekalipun, anda masih terbangun di jam 6 pagi. Masih bisa mempersiapkan diri untuk segera berangkat bekerja. Hitung waktu anda sendiri, tidur ideal adalah 6-8 jam.

KEGIATAN PENDUKUNG YANG BISA DIMANFAATKAN DENGAN BAIK

Bagi wanita karir, sudah sangat paham bahwa selepas bekerja, mereka akan memanjakan diri. Entah dengan mandi air hangat sampai berendam, luluran, dan juga setelah itu menikmati dengan alunan musik-musik terapi sambil minum teh hangat. Ini membantu loh untuk bisa mendapatkan momen tidur. Karena tubuh tidak bisa langsung segera tidur kan? Maka dari itu butuh penyesuaian dulu.

Kalau bagi pria terkesan repot ya melakukan hal itu. Untuk itu pria sebaliknya, bisa pergi berkemah, camping, di akhir pekan untuk menjaga ritme tubuh dan menerima rasa lelah yang menyegarkan. Bisa juga melakukan joging, jalan sehat di awal pagi selama 30 menit setiap hari. Bahkan mendinginkan suhu kamar. Sebisa mungkin, kalau ingin segera tidur di awal waktu, suhu ruangan anda turunkan. Menggunakan AC atau pun kipas angin. Anda tinggalkan kamar anda tersebut agar udara dinginnya bisa bertahan.

Kegiatan pendukung ini cukup efektif bagi anda yang ingin mendapatkan suasana tidur lebih cepat di malam hari. Dengan begitu, anda bisa bangun lebih pagi dan termotivasi.

Apakah bangun siang tidak bisa termotivasi? Tentu bisa. Tergantung dari apa pekerjaan anda. Jika anda bekerja dengan jam kerja standar dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore misalnya, maka bangun diawal pagi itu jauh lebih menyegarakan pikiran dan tubuh. Jelas jauh lebih termotivasi.

Coba deh, tanyakan hal ini pada senior anda di kantor, manager/atasan, atau siapa pun yang setiap pagi tampak sangat bersemangat. Hampir setiap hari loh ya. Dipastikan dirinya tidur lebih awal.

Photo by freestocks.org on Unsplash

(Visited 93 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?