Modal Utama Pengusaha Muda Bukanlah Uang

Modal Utama Pengusaha Muda Bukanlah Uang

Bagaimana kabar teman-teman semua? Semoga baik ya, apalagi ini sudah memasuki minggu ke 3 di bulan Agustus. Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Artinya sampai detik ini kita tidak hanya terus meneladani perjuangan para pahlawan, mengenang, tapi juga terus berjuang. Nah, bagi anda yang saat ini ingin beralih kuadran. Dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur atau pebisnis, maka ada kisah menarik nih. Cocok bagi anda yang juga seorang perempuan yang bingung menapaki karir di dunia kerja, bisa jadi inilah jawabannya.

Setelah tidak secara sengaja membaca intisari online, saya menemukan kisah menarik seorang perempuan muda, bernama Intan Hapsari. Perempuan berusia 24 tahun ini berhasil mendirikan, menjalankan, dan mengembangkan bisnisnya sendiri. Padahal bisnis model miliknya pasarnya sudah sangat ramai. Pemain di industri tersebut sangatlah banyak sekali. Artinya, pesaingnya sungguh luar biasa hebat. Tidak mudah menjual produk yang mana sudah banyak pebisnis yang menggelutinya. Tapi segala fakta yang ditemukan tidak terbukti. Intan tetap mampu menjual sebanyak 2000 pcs jilbab dan meraup keuntungan hingga Rp 48 juta.

UANG BUKANLAH SEMATA-MATA MODAL

Intan mendobrak streotype kebanyakan orang. Dirinya bukanlah dari lulusan ekonomi maupun bisnis. Tapi lulusan sastra Indonesia. Tidak cuma itu, Intan juga mendobrak bahwa bisnis butuh modal uang tidaklah selalu benar. Dirinya mengaku memulai bisnis dari uang saku kuliah yang disisihkan dan dimulai dari Rp 250.000. Dirinya tidak menyerah dengan kendala modal. Kemudian mengikuti Program Wirausaha Pemula (WP) Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2014. Akhirnya mendapatkan bantuan pendanaan 14 juta rupiah.

“Loh kan dia tetap pakai modal walaupun bukan modal sendiri.”

Nah, disinilah konsep dalam pikiran dan tindakan Intan telah benar. Dirinya tidak bertumpu pada modal uang sebagai penggerak bisnis miliknya. Dirinya menjelaskan bahwa dirinya memang menyukai bisnis jilbabnya, dirinya menyukai tantangan didalamnya, bahkan saat dirinya jenuh, dirinya malah memproduksi jilbab. Inilah modal utama yang dimilikinya. Apa itu? TEKAD.

Banyak orang, telah memiliki modal bahkan lebih dari Intan. Bahkan saya yakin anda yang membaca artikel ini juga telah memiliki tabungan setidaknya lebih dari 14 juta rupiah. Lalu mengapa tidak seberhasil Intan? Jawabannya tentu tekad di dalam diri. Tekad adalah bahan bakar semangat yang mana, baik ada uang maupun tidak, dirinya tetap harus terus memutar otak agar bisnisnya jalan dan berkembang. Anda tentu juga sering melihat banyaknya orang yang selalu bertumpu pada modal uang tapi tidak punya tekad. Sebentar buka bisnis, sebentar tutup, begitu seterusnya. Tidak mampu bertahan dan berjuang. Akhirnya inovasi tidak ada, dan selalu merasa bisnis yang digelutinya tidak cocok untuk dijalankan.

SEGERA BERTINDAK SAJA, SEGALA HAMBATAN ADALAH TANTANGAN

Intan sendiri mengaku dengan modal uang Rp 250.000 jelas tidak bisa memproduksi banyak jilbab. Tapi Intan tidak menunda. Segera bertindak, entah nanti bisa tidak mencapai pemesanan yang diminta atau sebaliknya laku atau tidak, dirinya segera melakukannya tanpa menunggu harus punya modal besar. Bahkan ini adalah cara teraman. Dengan menjual sedikit demi sedikit, anda bisa mengetes pasar. Apakah konsumen menyukai produk yang anda tawarkan atau tidak.

Dari nol atau dari bawah adalah konsep pikiran yang harus anda miliki juga. Artinya, bisnis yang langsung besar begitu saja, kita tidak akan tahu menahu hulu dan hilirnya. Hal ini berbahaya jika ternyata anda mengalami turun omset atau bangkrut. Anda tidak benar-benar tahu kesalahannya dimana. Sama halnya banyak kasus mereka yang buka restoran. Menyerahkan pembelian bahan makanan pada kokinya. Akhirnya malah banyak pengeluaran besar dari bahan makanan dan setelah diusut kokinyalah yang mengambil keuntungan tambahan dari pembelian bahan makanan tersebut. Walau tidak semua demikian namun dengan anda mengetahui seluk beluk bisnis anda maka anda sendirilah yang memegang kendali untuk maju berkembangnya bisnis tersebut.

Ternyata modal uang Rp 250.000 sekarang ini juga sangat mudah kan didapati? Bahkan kita semua bisa memulainya jika mau. Hanya saja, sampai sejauh mana tekad anda. Sekuat apa tekad anda. Karena tekad adalah benteng terkuat saat anda menghadapi hambatan yang ada. Anggap saja, hambatan adalah permainan yang menantang. Lawan tantangan-tantangan dalam bisnis untuk menjadi lebih sukses dari sebelumnya.

Foto : Facebook

(Visited 28 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?