Kopi Teman Terbaik Untuk Mood Booster di Kantor

Kopi Teman Terbaik Untuk Mood Booster di Kantor

Bicara soal kopi, salah satu teman terbaik untuk anda yang ada di kantor agar bisa meningkatkan daya kinerja semakin maksimal. Sudah menjadi hal umum, bahkan bagi penulis seperti saya, kopi mampu memaksa daya otak untuk bekerja ekstra. Setidaknya menurut buku Coffe Gives Me Superpowers yang ada pada foto juga menjelaskan fakta-fakta menarik seputar kopi dan pekerjaan.

Kenapa harus kopi? Hal paling mudah untuk anda merayakan keberhasilan. Itu salah satunya, karena kopi memang menciptakan suasana yang berenergi dan semangat bagi tubuh. Berlawanan dengan teh yang membuatmu rileks, kopi sebaliknya, membuatmu bersemangat. Walaupun sama-sama memiliki kandungan kafein. Kedua, memang kopi untuk memacu kinerja di jam-jam deadline. Semisal nih, ada rapat yang harus anda persiapkan atau memang anda harus mempresentasikan di depan atasan. Sebelumnya biasanya, pada ngopi. Untuk apa? Agar terlihat segar, semangat, dan mampu menuangkan isi presentasi menjadi pembicaraan yang menarik dan patut untuk disimak.

Fakta lainnya apa nih seputar kopi dan kantor? Bisa dibaca di artikel ini ya.

KOPI TEMAN TIDAK MENGECEWAKAN DI KANTOR

Setelah bekerja, setidaknya sangat sebentar di Gameloft Jogjakarta dan Jogja Digital Valley, saya menyadari satu hal bahwa mereka punya mesin pembuat kopi. Bahkan gratis setiap karyawan untuk mencicipi dan menikmati kopi panas dari mesin itu.

Pertama, otak bekerja agar reseptor mampu menyurkan stimulus ke bagian lainnya dibantu dengan adnosine. Dengan datangnya kafein dari kopi yang masuk ke tubuh, maka kafein yang membantu reseptor bukan lagi adenosine. Artinya, tubuh dan otak menjadi kelebihan energi yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya selama 15 menit semenjak kafein itu masuk ke dalam tubuh. Meningkatkan kemampuan untuk bisa fokus di tempat kerja.

Kedua, waktu terbaik mengkonsumsi kopi saat awal waktu bekerja adalah jam 9:30-11:30 pagi. Lalu saat jam 13:30-17:00 tepatnya jam 3 sore. Kenapa? Karena tubuh juga menciptakan kafein secara alami yang disebut cortisol time. Jika kita mengkonsumsi kopi tidak di jam tersebut, maka tubuh sedang tidak membutuhkan kafein. Akibatnya, toleransi terhadap kafein dari luar menjadi lebih cepat dan stimulus yang harusnya di dapatkan dari kafein luar tubuh berkurang.

Ketiga, nyatanya, kafein dari kopi membantu kita untuk meningkatkan ingatan jangka panjang pada otak. Meningkatkan produktivitas dan fokus sehingga kita bisa menentukan dan memprioritaskan untuk melakukan apa di kantor.  Membantu kita menentukan waktu yang optimal saat kerja. Karena faktanya, tidak setiap jam di kantor kita pasti optimal. Dengan bantuan kopi kita bisa menentukan sendiri kapan waktu kita untuk bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

Keempat, kafein dari kopi akan memberikan efek 15-20 menit bahkan bisa sampai 8-14 jam setelah dikonsumsi. Tergantung pada setiap orang. Untuk itu tidak mengherankan, mereka yang sangat kreatif, berprestasi, biasanya meminum satu gelas kopi setiap hari di kantor. Cita rasanya tidak ada yang spesifik, asalkan kafein kopi yang masuk ke dalam tubuh.

Kelima, kopi ditambah dengan 15 menit tidur siang sama dengan mereset ulang kembali otak yang lelah. Dengan catatan saat ingin mengambil 15 menit tidur siang, anda harus rileks. Toleransi waktu tidur siang ini 30 menit. Terlalu lama menyebabkan rasa pusing saat bangun.

SAYA DAN KOPI ITU… BUKAN TEMAN BAIK

Ternyata, fakta lainnya adalah kopi itu mencegah konstipasi. Artinya memang bisa melancarkan B.A.B. Bahaya kan terlalu banyak kafein kopi yang masuk ke dalam tubuh lalu menjelang rapat malah ke W.C dulu untuk setor. Apalagi banyak sekali menu makan siang di Indonesia tercinta kita ini memang yang pedas-pedas. Makin cepat memberikan efek ingin buang air besar.

Saya memang mengkonsumsi kopi walau tidak sering. Seminggu sekali minimal sudah cukup. Di akhir pekan sambil membaca buku di sebuah kafe atau di kos. Tujuannya? Untuk evaluasi hasil kerja di kantor. Jika memang tidak suka kopi, sebenarnya meminum apa saja boleh kok. Tujuannya adalah membuat gerakan baru untuk memulai kembali memberikan isyarat ke otak untuk kreatif lagi. Semisal nih, dari duduk lama di depan komputer, anda bisa berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Atau bahkan ada rekan kantor saya yang akan pergi ke wastafel untuk mencuci gelas rekan-rekan lainnya. Maka dari itu saya tidak melarang jika ada yang ingin istirahat tidur siang walau sebentar saja.

Beberapa rekan kantor lainnya akan mengisinya dengan ngemil, baca berita di internet, main instagram, atau nonton youtube.  Bedanya apa kalau tidak dengan kopi? Tubuh memaksa diri sendiri untuk tetap fokus tanpa asupan tambahan kafein dari luar. Mengakibatkan nantinya tubuh bisa menjadi sangat lelah jika pekerjaan sudah selesai. Karena pikiran memang bisa memanipulasi bahwa kita ingin menjad lebih fokus dan kreatif. Tidak mengherankan kadang kita lupa saat momen kreatif dan kerja keras itu dengan kopi atau tidak hasilnya sama saja. Bedanya sekali lagi pada tingkat kelelahan tubuh menerima fokus dan kerja keras yang telah kita lakukan.

Jadi kopi atau tidak di kantor? Cobalah dan rasakan manfaatnya.

(Visited 152 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?