Kita Harus Berhenti Untuk Terus Mencari Passion yang Cocok Dari Terri Trespicio

Kita Harus Berhenti Untuk Terus Mencari Passion yang Cocok Dari Terri Trespicio

Sudah lama ya, tidak update tentang materi dari Ted Talks. Bagi anda yang baru saja di website ini, anda mungkin bertanya, kenapa harus ada materi dari Ted Talks? Mudahnya adalah setiap dari diri kita ini butuh suatu inspirasi dalam hidup. Inspirasi itu paling sering dan mudah adalah didapatkan dari seseorang yang telah lebih dulu sukses. Benar? Mau sesukses apa sih anda, maka dengarkanlah nasihat orang sukses juga. Bukan sebaliknya. Maka dari itu tidak jarang kita sering protes kalau dinasihati dari seorang yang dekat dengan kita, “kamu belum jadi apa-apa saja sudah menasihati.” Nah, dari pada ngeles, menghindar, dan banyak alasan, lebih baik langsung aja disuguhi dengan materi-materi bisnis, pekerjaan, yang bisa menginspirasi.

Kali ini datangnya dari Terri Trespicio. seorang wanita yang telah memiliki banyak pengalaman keren dari perusahaan tempatnya bekerja dulu Martha Stewart, perusahaan yang didirikan oleh Martha Stewart sendiri yang memang fokus bisnisnya yaitu tentang resep, kerajinan tangan, dan dekorasi rumah. Dirinya telah banyak mengumpulkan pengalaman dari pekerjaan satu ke pekerjaan lain. Hingga mendapati kesimpulan bahwa kita seharusnya BERHENTI mencari PASSION yang cocok untuk kita dalam dunia pekerjaan. Loh, bukannya banyak sekali motivator dan seminar bisnis selalu menjelaskan bahwa kita memasuki kuliah dan setelahnya itu harus bekerja sesuai PASSION? Nah, inilah kesimpulan dari penjelasan Terri di Ted Talks.

PASSION BUKANLAH BENSIN MENUJU SUKSES, TAPI SEBALIKNYA SUKSES ITU MENJADI BAHAN BAKAR PASSIONMU

Terri menjelaskan bahwa dirinya sendiri merasa bahwa passion terlalu rumit untuk seseorang menjalaninya. Seakan-akan jika kita salah memilih passion maka kita akan gagal seumur hidup kita. Layaknya memilih jurusan di kuliah untuk 4 tahun ke depan, maka passion seperti memilih jurusan kehidupan. Ya untuk seumur hidup. Tapi apakah nyatanya demikian?

Terri menjelaskan, bahkan jika kita menemukan seseorang yang telah seumur hidup bekerja menjadi cleaning service, mencuci jendela di gedung bertingkat, atau bahkan mereka yang cuma jualan jajanan di pinggir jalan kemudian kita tanyakan tentang apa sih yang sebenarnya ingin mereka kerjakan jika diberi kesempatan dan peluang? Jawabannya tidaklah ada pada yang mereka kerjakan sekarang. Loh? Ya, jadi passion nyatanya tidak berkaitan dong dengan lamanya seseorang bekerja melakukannya. Ya kan?

Jika seorang sukses, dalam takaran sudut pandang mata masyarakat yang ditempatinya seperti, punya rumah bagus, mobil, sepeda motor, dan bahagia maka dia telah menjalankan hidup sesuai passionnya. Bukan sebaliknya. Itulah mengapa bahan bakar kamu meraih sukses bukanlah passion yang kamu pilih sekarang. Bukan itu. Tapi sebaliknya, kamu bersemangat, berjuang setiap hari, dan tidak mengeluh bahkan menyerah, serta meraih sukses sedikit demi sedikit maka sukses adalah bahan bakar untuk passionmu.

Diharapkan tidak bingung ya? Karena banyak orang selalu beralasan, “ini bukan passionku ah, ngapain akau kerja mati-matian, usaha jualan mati-matian.” dan ya bisa ditebak, hidupnya akan bergulir dari mencari passion satu ke passion lainnya. Tapi jika dirinya tidak memikirkan hal itu, pikirkanlah untuk mencapai sukses dulu lalu nanti dirinya akan menyadari, “oh ternyata selama ini, inilah passionku.”

PASSION ITU BUKANLAH PEKERJAAN, BUKAN JUGA SEBUAH HOBI

Passion itu adalah saat semangat dan semua energi kita kerahkan untuk apa yang sedang kita hadapi.  Jadi jika kita terlalu sibuk mencari apa itu passion yang cocok untuk kita, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk mengubah hidup kita lebih baik. Jadi passion itu sebenarnya 1. Ya, satu kesatuan. Entah anda suka dengan futsal, suka melukis, suka membuat musik, itu semua merupakan satu kesatuan passion. Tidak bisa diubah.

Jika anda semangat dalam menjalani hidup, apa pun yang ada di depan anda saat ini, apa pun pekerjaan yang anda lakukan saat ini, maka itu sudah termasuk passion. Bahkan jika kita tidak tahu apa pun di masa depan, tanpa visi dan misi, itu tidaklah masalah. Sehingga kita cukup dengan mengerahkan upaya dan semangat untuk melakukannya dengan totalitas. Nantinya, dalam hidup, akan ada kejutan-kejutan yang menarik yang tidak kita sadari. Lakukanlah jika ingin pindah kerjaan atau berbisnis. Tidak masalah. Tidak perlu menunggu hal ajaib berupa passion yang cocok  yang ada di dalam pikiranmu itu datang.

Habiskan waktu dan perhatianmu, pada hal yang ingin kamu lakukan sekarang, apa yang ada dihadapanmu sekarang. Berbuatlah sesuatu untuk dirimu dan sekitarmu, berkontribusilah. Terry menjelaskan bahwa akan ada seseorang yang mengatakan bahwa passion dirinya adalah membantu orang lain. Bahkan passion yang akan ada diluar jangkauan logika kita.

Kesimpulannya, kita tidak mengikuti passion kita. Tapi passionlah yang mengikuti kita.

Picture: Youtube

(Visited 57 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?