Karena Kerja Sama Itu Nomer Satu

Karena Kerja Sama Itu Nomer Satu

Di akhir pekan, bagi seorang introvert, adalah hal yang menyenangkan jika berhasil menemukan tempat dan lokasi untuk bisa menenangkan diri. Karena dikenalkan oleh seorang teman kos sebuah tempat kafe yang sangat menarik, Langit Bumi Kafe (bukan promosi ya) saya sangat menikmati tempat ini. Satu alasan pertama adalah karena disediakan tempat outdoor yang cukup luas. Kedua, karena disediakan wifi gratis (hehe). Ketiga, karena ada buku yang disediakan untuk dibaca.

Salah satu buku karya John C. Maxwell tentang kepemimpinan, kerja sama team, hal yang harus dimiliki oleh seorang manager, supervisor dan owner juga disediakan dan saya baca dengan antusias. Salah satu hal dari ratusan kutipan dan pelajaran yang ada di buku tersebut bisa anda lihat pada foto di artikel ini.  Jujur, walaupun sudah diterjemahkan, tetap saja materi dari Maxwell ini tidaklah mudah untuk dipahami. Kenapa? Karena anda juga harus sering membaca buku agar dapat memahaminya. Mudahnya bisa saya jabarkan di sini.

NILAI KERJA SAMA TIM

Saya sering terbalik soal team dengan tim. Maaf ya, bahasa Inggris saya masih belepotan. Oke, John menjelaskan bahwa dalam sejarah sekali pun, tidak ada keberhasilan besar yang mampu dilakukan oleh satu orang saja. Layaknya negara ini terbentuk, di belakang Presiden pertama kita, selalu ada pahlawan-pahlawan yang setia membantu beliau mencapai kemerdekaan. Soal bisnis? Jika anda hanya mengenal Steve Jobs, maka anda harusnya mengenal juga Steve Wozniak.

Ini sudah dibuktikan bertahun-tahun. Jika anda sekarang seorang owner yang bekerja sendiri, memimpin sendiri, sudah selayaknya anda memilih seseorang yang memiliki visi yang serupa. Istilahnya, pilihlah orang-orang dengan getaran positif yang mampu membuat anda bekerja dengan lebih bahagia. Sehingga kerja keras anda akan terasa jauh lebih menyenangkan. Layaknya perahu, kita tidak mampu sampai ke pulau berikutnya kalau sendiri. Namun didayung oleh 10 orang, tentu hal itu bisa terjadi.

Nilai dari kerja sama tim adalah pencapaian bersama yang jauh lebih besar. Mencapai target 100 juta sendiri itu melelahkan. Tapi dikerjakan 5 orang jauh lebih ringan. Setiap orang bisa meraih 20 juta. Ingin lebih ringan lagi? Gunakan 100 orang. Maka hanya butuh target 1 juta perorang dan anda telah berhasil melampaui harapan. Namun, John C. Maxwell menjelaskan, bukan semata-mata hanya berlandaskan pada angka semata loh. Karena kerja sama tim adalah tentang memenangi kejuaraan (dalam kompetisi kehidupan) dan mencapai kemustahilan.

BIARKAN KERJA SAMA TIM MENJADI SUATU YANG BIASA

Tidak mengherankan, banyak owner bisnis atau banyak supervisor yang menyadari pentingnya kerja sama tim namun tetap tidak mampu membangunnya. Bingung memulai dari mana. Bingung harus membinanya seperti apa.

Biasakan setiap pekerjaan selalu ada yang bisa dikerjakan selaku tim. Sulit jika anda terus menerus menilai pencapaian hanya dari sisi individu saja. Karena nantinya siapa pun yang bekerja dengan anda akan menilai bahwa yang mereka harus lakukan adalah untuk kepentingan diri sendiri. Hanya anda saja selaku owner dan supervisor yang harus bisa memberikan jobdesk dalam kerja sama tim.

Saya dulu juga sama bingungnya dengan anda. Akhirnya belajar di berbagai seminar banyak yang menjelaskan perlunya jobdesk diberikan dalam bentuk game. Seperti, game 100 poin. Tim harus bekerja sama menjual suatu produk hingga berjumlah 100. Jika tim berhasil meraihnya dalam tenggat waktu tertentu, maka tim akan mendapatkan hadiah bersama. Bisa berupa nonton bareng di bioskop, jalan-jalan di akhir pekan dalam acara kantor, atau pembagian bonus diluar gaji bagi semua anggota tim.

Memang tidak mudah. Bahkan terkesan banyak yang tidak bersemangat. Untuk itu, gagal dalam mencoba bentuk game seperti ini sudah sering terjadi. Namun jika berhasil. Anda akan merasa sangat puas karena nantinya, siapa pun yang bekerja dengan anda, tidak hanya memikirkan diri sendiri. Tapi juga orang lain bahkan juga memikirkan kemajuan tempat dimana dirinya bekerja.

Jika anda butuh studi kasus, cobalah sering-sering browsing tentang perusahaan startUp digital di Indonesia. Biasanya, dalam lingkup middle management, perusahaan modern pasti memberlakukan kerja sama tim dibandingkan individu. Anda juga bisa menonton film berjudul “internship” yang menjadikan Google sebagai latar belakang dalam cerita film tersebut. Mereka juga mengedepankan kerja sama tim jauh lebih menarik dari yang pernah saya bayangkan. Ternyata kerja sama tim itu seru. Untuk itulah sebagai akhir artikel ini, saya tekankan lagi, kerja sama itu nomer satu.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?