Kamu Cocoknya Kerja Apa?

Kamu Cocoknya Kerja Apa?

Masih ingat iklan tahun 1990an? Sudah ada RBT tentunya, ring back tone yang dulu digandrungi orang-orang. Atau sudah mulai masuk internet ke handphone tapi belum maksimal. Ada video iklannya kalau anda masih ingat dan lucu, bisa di cek ke link berikut ini Youtube. Oke, disitu dijelaskan bahwa dia tidak cocok kerja di air. Tapi lebih cocok kerja sebagai pengusaha. Kemudian iklan tersebut meminta kita untuk bisa mengirimkan langganan informasi mengenai pekerjaan sesuai dengan primbon.

Tanpa primbon sekalipun, masih banyak loh orang di Indonesia yang berharap-harap seperti ini. “Mas, saya ini cocoknya kerja apa sih? Kok kerja ini gak enak, kerja itu gagal. Rasanya harus ketemu dulu deh sama kerjaan yang cocok agar bisa sukses.” Kenapa ya masih ada yang seperti itu? Bukan karena percaya pada tahayulnya, tapi lebih pada rasa tidak percaya dirinya. Sekaligus rasa takut untuk mencoba dan menerima kegagalan. Seakan-akan waktu begitu terbatas dan tidak bisa lagi memberikan pengalaman berharga. Nah, untuk anda nih, yang mana sudah tidak banyak lagi ditemukan seperti iklan primbon diatas, maka ini cara agar anda mendapatkan pekerjaan yang cocok. Tentu tanpa tahayul ya.

MAHIR DI SATU BIDANG WALAU BELUM DISERIUSI

Ini nih yang banyak. Teman kos memang jago bermain game online. Tapi dia tidak mau bekerja sebagai pemain profesional. Katanya di Indonesia tidak menjamin apa pun. Bahkan sebagai pemain game profesional sekalipun. Saya pun memberi saran. Bisa saja membuat video streaming seperti di Youtube. Atau membuat blog tutorial bermain game. Atau bisa buka bisnis jualan pernak-pernik komputer khusus game. Bisa juga jualan kaos game. Dan masih banyak hal berkaitan dengan game yang semestinya bisa dilakukan. Tapi sekali lagi, dia merasa tidak cocok.

Anda pasti juga pernah merasa seperti itu kan? Merasa ahli dan mahir karena faktanya demikian. Pada satu bidang tertentu. Tapi anda menolak untuk mengakui bahwa hal itulah yang bisa menjadi pintu terbuka untuk gerbang kesuksesan anda. Ada yang bisa masak, padahal cowok, bahkan beberapa kali masakannya disukai saat idul adha menjelang. Teman-temannya menyarankannya berbagai hal. Dari buka bisnis makanan sampai cuma buat blog resep masakan. Tetap saja dia menolak. Asalannya? Gak cocok, kurang bergengsi, kurang keren, dan juga ribuan alasan dibaliknya.

Kegagalan kita sebenarnya karena kita tidak mau mengenali diri sendiri. Suka masak, ya sudah diseriusi. Suka ngegame, ya diseriusi. Bahkan cuma suka jalan-jalan saja loh, sekarang bisa jadi traveling blog, traveling youtuber, dan banyak hal lainnya. Tidak perlu lagi menunggu pekerjaan itu ada, tapi kita sekarang bisa menciptakan pekerjaan itu. Untuk siapa? Ya, untuk diri kita sendiri tentunya. Itulah maksud dari bahwa di era internet serba cepat ini, pekerjaan yang cocok itu pertama, dilihat dari anda ahli dalam hal apa. Itu dulu.

LEBIH SUKA BAHKAN RELA MELAKUKANNYA SEHARIAN

Selanjutnya apa? Ini mirip dengan hal diatas. Hanya saja ini jauh lebih dalam dan serius. Kita semua punya hal yang mahir dan ahli bahkan lebih dari satu. Jika anda bingung misalnya, anda memilih untuk bekerja dengan serius di keahlian apa, maka jawabannya adalah ini. Anda rela melakukannya, dengan sadar maupun tidak seharian. Bahkan sebelum hal itu yakin dibayar atau tidak, anda tetap mau melakukannya dan serius disana seharian penuh.

Itulah mengapa para gamers online selalu mau menghabiskan waktu seharian bukan karena mereka kecanduan, tapi mereka bisa membuktikan diri bahwa yang mereka lakukan adalah keahlian mereka. Hanya saja mereka tidak memikirkan cara untuk bisa diuangkan, dijadikan pekerjaan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pendapatan.

Banyak orang yang bekerja dari hobi. Karena itulah mereka sadar hal itu bisa dan segera diuangkan. Inilah tahap selanjutnya. Anda sudah menemukan untuk memilih dari sekian banyak keahlian yang anda bisa? Anda sudah memilih mana yang anda merasa nyaman untuk dilakukan seharian? Jika ya, maka selanjutnya pikirkanlah caranya untuk bisa diuangkan. Itu saja. Di era internet ini banyak sekali. Anda bisa menemukan banyak hal. Saya akan berikan beberapa contohnya dibawah ya.

KEAHLIAN ANDA DAN KESUKAAN ANDA SEHARIAN ITU KAITKAN DENGAN INTERNET

Seorang teman bisa banyak hal, ya teman kos. Sekali lagi ini cerita ya, seorang teman kos, adik angkatan tepatnya, dianugrahi banyak sekali keahlian. Bisa bermain musik, gitar dan beberapa alat musik. Bahkan punya daya imajinasi tinggi yang mana bisa menggambar abstrak maupun realita. Apa yang dilakukannya? Dia masuk jurusan teknik sipil yang mana memang hobinya adalah menggambar. Apakah pilihannya tepat? Tentu. Tapi haruskah dia bekerja setelah lulus dibidang langsung berhubungan dengan pembangunan? Tentu tidak. Itu semua pilihannya nanti.

Maka dari itu, mulai sekarang kita harus bisa sering-sering melihat peluang. Walau konyol sekalipun. Dia bisa saja membuka kursus online di youtube terkait pembelajaran langsung gambar teknik sipil maupun gambar abstrak dan realita yang dia miliki. Sekali bisa dikaitkan dengan internet, maka anda akan menemukan jalan pekerjaan yang cocok bagi anda sendiri. Tidak perlu harus sama kan dengan orang lain? Ini adalah contoh.

Tidak heran di youtube saja nih banyak sekali bidang usaha yang bisa kita daftar, dari yang aneh sampai yang keren. Misalnya,

  • Jadi youtuber jalan-jalan, makan-makan
  • Jadi youtuber tukang review produk, buku, software, tempat tertentu, produk tertentu
  • Jadi youtuber horor, bahas kisah horor, hal misteri, alien, dan lainnya
  • Jadi youtuber masak, tukang masak, bagi-bagi resep, tips masak, dan hal lainnya
  • Jadi youtuber dandan, make up, dari make up sungguhan sampai untuk film, review produk kecantikan, dan lainnya.
  • Jadi youtuber menyanyikan lagu orang lain, cover lagu, mix lagu.
  • Jadi youtuber humor animasi, animasi pendidikan, animasi film pendek.
  • Itu baru dari youtube loh, belum dari fanpage facebook, instagram, dan juga twitter.

Cara menguangkannya? Banyak kok. Dari iklan di youtube bisa. Dari jual produk sendiri di youtube bisa. Dari jadi endorse produk orang lain di youtube bisa. Apa lagi? Banyak kok. Jangan sampai hanya karena belum ada lahan pekerjaannya atau belum banyak orang melakukannya kita tidak bisa mencobanya. Sekali lagi, ini demi pekerjaan yang cocok untuk anda. Benar kan? Jadi beranikah diri anda jujur dan mengenali diri sendiri?

Photo by Sharon Chen on Unsplash

(Visited 247 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?