Carilah Hobi yang Meningkatkan Kualitasmu

Carilah Hobi yang Meningkatkan Kualitasmu

Mencari referensi lagi dan lagi. Sejatinya saya sangat menyukai hal-hal yang bisa menyemangati diri. Motivasi adalah hal menarik di dunia manusia. Berkaitan dengan keinginan, tekad kuat, untuk mencapai apa yang dicita-citakannya saat ini. Bahkan setiap zaman, sangat berbeda. Di zaman 1950 tentu pertarungan akan memperebutkan cita-cita itu tidaklah semengerikan sekarang. Di era itu, artis jelas lebih sedikit. Tidak seperti sekarang, siapa pun bisa menjadi artis.

Belum lagi hal ini diakibatkan oleh teknologi. Semakin cepat informasi didapatkan, maka semakin keras juga persaingan yang ada. Maka dari itu banyak sekali pekerjaan yang dulu begitu mudah dimasuki, sekarang begitu sulit karena persaingan semakin ketat. Sekarang saja, pekerjaan sales online bisa dilamar oleh lebih dari 10 orang. Bahkan di perusahaan seperti Sale Stock di Jogjakarta bisa mencapai 1000 pelamar saat lowongan tersebut dibuka.

Tapi ada hal menarik nih, menurut LifeHack bahwa bukan seberapa cepat kita menciptakan hobi baru, namun seberapa penting seberapa bermakna hobi baru tersebut berdampak pada hidup kita. Artinya, kita pun harus terus memilih hobi baru yang bisa bermanfaat untuk diri kita. Sehingga kita juga perlu siap menghadapi persaingan dan tantangan yang ada.

HOBI YANG MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

Tidak semua hobi bisa meningkatkan kualitas diri. Untuk dunia kerja misalnya, hobi biasanya berkaitan dengan hal yang diluar pekerjaan. Hobi dianggap sebagai suatu yang harus bisa melepaskan stress. Sebaliknya, hobi yang dirasa tidak bisa melepaskan stress tentu tidak akan dilanjutkan dan dikerjakan. Menurut LifeHack ada 7 kebiasaan atau hobi menarik dan sederhana yang mana tetap bisa meningkatkan kualitas diri. Ketujuh kebiasaan menarik tersebut yaitu,

  • Tetapkan 1 hari tidak mengakses sosial media
  • Membaca buku dan habiskan dengan cepat
  • Menulis acak, terutama ide apapun yang muncul di kepala, tuliskan di kertas, 10 ide perhari
  • Dengarkan album baru setidaknya 1 album perminggu
  • Jalanlah selama 30 menit rutin tanpa jeda setiap hari (bukan akumulasi 30 menit)
  • Bangun setiap pagi lebih awal dan lakukan peregangan
  • Meditasi 10 menit setiap harinya

Benar-benar kebiasaan dan hobi baru yang sederhana. Uniknya beberapa kebiasaan itu memang sangat meningkatkan kualitas diri. Dari membaca buku, jelas. Dari menuliskan ide, jelas. Dari jalan kaki, jelas. Hampir semuanya secara sederhana mampu meningkatkan kualitas diri. Jadi carilah hobi-hobi yang benar-benar meningkatkan kualitas diri. Tidak hanya sekedar seberapa cepat kamu menguasai hobi itu. Tapi juga harus bermanfaat untuk dirimu sendiri.

SETIAP HOBI BERKUALITAS AKAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEKERJAANMU

Tidak mengherankan banyak CEO muda sejak awal memang membangun kebiasaan suka membaca. Tidak mengherankan seorang pebisnis muda sejak awal suka menjalin pertemanan dengan siapa saja. Tidak mengherankan seorang karyawan muda handal sejak awal selalu suka mencari hal untuk meningkatkan ilmunya yang berkaitan langsung dengan pekerjaannya. Semua bukan dilandasi siapa yang paling cepat sukses. Tapi siapa yang paling konsisten melakukannya.

Banyak pebisnis muda dan menyerah, karena merasa dia harus cepat sukses sebelum usia 30 tahun. Akhirnya konsistensi akan diuji. Jika tidak bisa mengendalikan diri, dia akan cepat sekali menyerah. Kualitas dari hobimu, kualitas dari konsistensimu akan mengantarkan pada hasil sukses yang benar-benar kamu inginkan. Hobi bukanlah hal yang mahal. Bahkan tidak harus. Contoh diatas oleh LifeHack adalah kenyataan, bahkan akan ditemui di orang-orang yang sukses.

Jadi kejarlah makna yang paling tepat dari hobi untuk dirimu sendiri. Jika hobimu nyatanya masih buang-buang waktu dan uang hanya sekedar melepas stress, maka tidak mengherankan jika diri tidak bertambah kualitasnya. Seperti membaca buku, memang membosankan, tapi jika sudah menjadi hobi dan dibiasakan maka jelas akan membuat kualitas dirinya meningkat. Karena membaca akan menambah wawasannya.

Jangan sampai fokus hanya pada kebiasaan yang melepaskan stress saja, hobi yang senang-senang semata. Tapi juga carilah hal yang bisa meningkatkan kualitas diri, kualitas kesehatan, kualitas pertemanan.

Photo by Jazmin Quaynor on Unsplash

(Visited 8 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?