Butuh Referensi CEO Selain di Indonesia? Baca Ini!

Butuh Referensi CEO Selain di Indonesia? Baca Ini!

Anda yang telah memahami pentingnya membaca, pasti sangat merasa bersemangat dan selalu ingin mencari hal baru yang tidak dibaca orang lain. Minimal, anda tahu lebih dulu tentang suatu hal dibandingkan rekan-rekan anda. Istilahnya, wawasan anda memang luas karena selalu mencari bacaan dan tontonan menarik di dunia internet. Karena pada dasarnya, jika suatu populer apakah itu artikel maupun video, tentu bukan hal baru. Tapi jika belum populer bahkan bacaan dan tontonan itu begitu berbobot, jelas membuat anda terus bersemangat untuk menambah wawasan.

Kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai hal ini. Sebuah wawasan yang bisa jadi, anda baru tahu. Jika pun sudah tahu, perdalamlah untuk terus mendapatkan kisah-kisah inspirasi seputar dunia bisnis modern. Materi ini mirip seperti TedTalks. Hanya saja, berbentuk artikel yang merupakan cerita-cerita pada CEO dan orang penting dari seluruh dunia. Apa itu?

LIFE HACKER – HOW I WORK

MEREKA PARA CEO YANG BERBAGI CERITA

Silahkan akses link yang sudah saya berikan diatas. Situs website lifehacker memang dikenal sebagai sebuah website yang menyediakan konten yang berisi cara-cara manusia mengakali hidup mereka. Entah dari ilmu berkomunikasi, tentang cara menggunakan alat masak yang benar, dan masih banyak lagi. Salah satu topik yang baru saya sadari adalah topik “how i work”.

Setelah saya klik ternyata berisi kumpulan ulasan atau artikel mengenai para CEO menjalankan bisnis mereka. Berhubunga artikelnya bahasa inggris, maka saya telusuri saja sekiranya ada CEO dari produk yang saya tahu. Ternyata tidak ditemukan. Loh? Haha, memang banyak tetapi saya baru mendengar perusahaan-perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan terkenal seperti Mozilla, Paypal, Cloudflare, tidak langsung CEO mereka yang berbagi cerita. Namun petinggi-petinggi yang menduduki posisi penting di perusahaan. Tidak masalah kan? Tetap bisa kita ambil pelajaran dari mereka.

Salah satu yang saya baca adalah seorang Community Lead dari Mozilla bernama Aurelia Moser. Dirinya bekerja di Mozilla sebagai developer, guru, penulis, dan juga kartografi. Bekerja di Mozilla dan juga mentor di Girls Develop It. Dari banyaknya pekerjaan yang dilakukannya, ada beberapa poin pertanyaan di Life Hack yang saya suka. Yaitu dirinya melakukan teknik pomodoro dalam pekerjaannya. Teknik dimana setiap pekerjaan yang dilakukannya maksimal memakan waktu 25 menit dan kemudian beristirahat. Setelahnya dilanjutkan lagi. Namun terkadang baginya malah jadi stress tambahan. Akhirnya melakukan tekniknya sendiri dalam bekerja yaitu melakukan sprint. Menyelesaikan pekerjaan tidak lebih dari 2 menit. Dengan cara menutup semua browser yang terhubung ke internet. Benar-benar harus fokus.

TERNYATA RAHASIA MEREKA JUGA SAMA DENGAN KITA

Kedua adalah Ven Lai. Seorang Lead Creative Designer, Global Chevrolet Color and Trim for the Chevy Cruze. Yang dikerjakannya adalah memberikan nuansa warna pada mobil keluaran Chevrolet. Uniknya dia adalah seorang fashion designer. Dimana menerapkan pewarnaan kain-kain pada mobil miniatur berwarna putih. Cerita menarik dari dirinya adalah bahwa dia selalu tenang jika dalam kondisi banyak tekanan pekerjaan. Berusaha mencari peluang untuk bisa menemukan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Bahkan jika memang sudah suntuk, dirinya akan keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Bermain dengan hewan peliharaan atau sekedar memasak. Benar-benar tidak ada rahasia khusus untuk mencapai kesuksesannya di tempat bekerja. Bahkan sebagai pekerja kreatif, dirinya tidak pernah lupa mencatat detail-detail dalam perjalanannya menikmati kota-kota yang disinggahinya. Sekedar merasakan aroma tertentu, atau arsitektur dunia, sampai fashion di jalan-jalan. Benar-benar aktifitas yang mana setiap orang mampu untuk melakukannya.

Satu lagi, baik dari Ven Lai menghabiskan waktu tidur dari jam 12-1 malam hingga jam 6 pagi. Sedangkan Aurelia Moser lebih mengedepankan dia dapat tidur setidaknya 5 jam semalam. Benar-benar tidak ada cerita dari mereka berdua tentang tidur larut atau begadang untuk mencapai sukses mereka. Tidur cukup saja merupakan salah satu rahasia agar kita bisa tetap membangun kesuksesan di tempat kerja.

Sedikit cerita dari mereka berdua mengantarkan anda pada kesimpulan bahwa siapa pun dan dimana pun dia bekerja, rahasia sukses tetaplah sebuah fokus, ketekunan, dan serius. Mereka berdua adalah contoh perempuan energik yang memandang pekerjaan mereka sebagai suatu hal yang serius untuk dijalani. Anda juga bisa sesukses mereka.

Photo by Luke Chesser on Unsplash

(Visited 49 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?