Boleh Cari Gaji Tambahan Tapi Sesuai Etika

Boleh Cari Gaji Tambahan Tapi Sesuai Etika

Cari gaji ke dua boleh? Dua kali gaji dalam sebulan boleh? Tapi harus tahu etikanya ya. Mudahnya begini. Internet jadi semakin mudah dalam menjalankan suatu bisnis, mencari penghasilan tambahan baru, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa perusahaan yang baru seumur jagung juga berani mengadakan sayembara-sayembara terkait dengan mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet dengan produk-produk mereka. Masalahnya adalah karyawan jadi dilema.

Dilema artinya saat penantian karyawan tidak juga mendapati gaji mereka naik, tidak juga dapat bonus yang seru, tidak juga mendapatkan kenaikan pangkat. Akhirnya kegelisahan karyawan mendapatkan jalan keluar dengan tawaran-tawaran menarik dari berbagai perusahaan yang bersedia membayar karyawan anda untuk melakukan pekerjaan bagi mereka. Istilahnya side job atau bisa juga penghasilan kedua. Apakah ini berbahaya untuk perusahaan? Jawabannya jelas.

Coba cek di perusahaan anda, apakah ada karyawan berkualitas yang tiba-tiba hengkang dari perusahaan? Setelah dipantau, dicek, diikuti, dia menjadi freelancer. Nah, kok bisa? Ngapain repot-repot dia jadi freelancer? Jawabannya adalah karena dia paham kerja kerasnya nyatanya tidak dibayar lebih oleh anda. Selain juga telah menemukan penghasilan kedua yang lebih besar dengan penghasilan pertama. Kemudian juga dia bisa mendapatkannya bahkan dengan bekerja hanya setengah hari saja.

Bagi anda yang berposisi sebagai karyawan bagaimana menyikapi ini?

PENGHASILAN TAMBAHAN DARI MENULIS ONLINE

Tidak ada yang tidak bisa menulis. Bahkan seorang programmer akhir juga menulis. Bahkan kita sering menimpali komentar-komentar dari caption di Instagram. Bahkan akhirnya kita menemukan pundi-pundi penghasil rupiah diluar kantor. Contohnya ini,

Babe dan JalanTikus

Babe salah satu aplikasi berita yang bisa dipakai lewat Android akhirnya membuka pintu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan sudah tercatat ada yang bisa menghasilkan Rp 1,5 juta rupiah setelah menulis 30 artikel. Bahkan di JalanTikus yaitu website yang isinya terkait dengan teknologi juga membuka pintu bagi siapa saja yang ingin menuliskan disana. Bahkan diadakan sayembara. Layaknya lomba menulis puisi dan cerpen.

Bagi anda seorang karyawan, website seperti diatas akan semakin sering untuk ditemui. Bahkan kedepannya mereka yang punya bisnis website portal berita, tidak lagi meng-hire karyawan banyak-banyak. Tetapi mengambil peluang dengan banyaknya penulis yang tidak perlu lagi biaya masuk kantor, biaya gaji bulanan, biaya kesehatan, asuransi, dan lainnya. Hal ini menjadi populer untuk itu anda sebagai seorang karyawan harus paham etika sederhana saja saat anda berada di kantor saat ini.

PROFESIONAL TERHADAP WAKTU

Mungkin anda memang belum cinta dengan perusahaan. Atau memang perusahaan tidak layak untuk dicintai. Maka, cobalah sangat profesional terhadap waktu. Jika anda dikantor, maka jika tidak jam istirahat, jangan sekali-kali menyentuh website-website tersebut. Tujuannya sederhana, untuk membuat anda menjadi orang yang profesional.

Beberapa kasus terjadi, seorang karyawan dengan getolnya malah mencari pundi-pundi rupiah diluar kantor dengan cara mengikuti sayembara website-website diatas. Hasilnya dia mengabaikan pekerjaan utamanya dan juga selepas pindah dari kantor ke kantor yang lain yang katanya jauh lebih manusiawi dibandingkan kantor yang lama, dia tetap melakukan hal yang sama. Menyedihkan karena profesional yang tidak dibangun sejak awal apalagi terhadap waktu akhirnya menjadi kebiasaan olehnya. Terbawa dan sulit untuk diubah.

Maka jika anda ingin mengikuti berbagai penghasilan tambahan di luar kantor, maka paling tepat adalah dengan cara melakukannya di jam istirahat siang atau saat berada di rumah dan akhir pekan. Cuma itu? Ya, cuma itu. Ini butuh komitmen jika memang anda ingin serius mendapatkan penghasilan di luar kantor. Kita tulis ya, berbagai manfaatnya profesional waktu ini,

  • Komitmen tinggi, mudah sukses karena paham etika boleh dan tidak boleh
  • Bisa menjadi freelancer berpenghasilan besar. Karena terkait waktu maka proyek-proyek klien pun kedepannya tidak akan molor.
  • Melatih konsisten. Layaknya waktu sholat, punya jadwal tersendiri. Tidak boleh diutak-atik. Shubuh dan maghrib waktunya berbeda. Begitu juga dengan ikut sayembara di luar kantor. Maka jika dilakukan saat jam makan siang, lakukanlah saat itu juga. Nantinya setiap jam makan siang, anda akan bisa menggunakan waktu semaksimal mungkin agar bisa terus mengikuti sayembara tersebut.
  • Mencegah kesalahan dalam tugas kantor, mendapati tuduhan pengabaian tugas, dan juga terhindar dari rekan-rekan anda yang ingin menjatuhkan anda terkait dengan penghasilan di luar kantor.
  • Belajar untuk fokus dan tidak membuang waktu percuma. Tidak jarang tugas kantor belum selesai, ditambah adanya sayembara yang harus dikejar juga, mengakibatkan semuanya terbengkalai. Untuk itu fokus dulu terhadap waktu-waktunya. Agar semuanya bisa diukur dan dimaksimalkan.

Ada lagi? Silahkan menambahkan ya. Ingat, penghasilan kedua memang menggiurkan. Jika kamu bekerja seperti saya di Jogjakarta, dengan UMR sekitar Rp 1,3 juta sampai 1,8 juta dan masih mendapatkan penghasilan kedua tentu menyenangkan. Karena bisa untuk menabung dan memenuhi kebutuhan lainnya. Jadi jangan sampai blunder. Sebaliknya, bagi anda seorang pengusaha, maka sebaiknya perhatikan dengan lebih bermurah hati pada mereka para karyawan anda yang ingin mendapatkan kesempatan berkarya lebih baik di kantor anda. Karena nantinya anda juga yang untung kan setelah memanjakan karyawan yang berprestasi? Jangan tunggu karyawan anda mulai hengkang satu persatu ya.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?