Belajar Dari Youtube? Ke Channel Thomas Frank Aja!

Belajar Dari Youtube? Ke Channel Thomas Frank Aja!

Saya pernah menulis tentang Agung Hapsah di blog ini. Anda juga bisa membaca artikel itu lagi ya. Oke, intinya, Agung berhasil belajar mengenai banyak hal tentang perfilman hanya dari Youtube. Salah satu bukti bahwa di Youtube tidak sekedar hal-hal yang berkaitan dengan hiburan semata saja. Tetapi juga pembelajaran akan sesuatu banyak dibagi disana.

Dari belajar editing video, bermain alat musik, memasak, membuat prakarya, sampai video inspirasi dan motivasi. Salah satunya adalah Thomas Frank.

Jujur, sebenarnya saya juga baru tahu. Berbagai video inspirasi biasanya saya cari yang langsung berkaitan dengan mereka orang-orang terkenal. Entah itu pemain film, penulis buku, atlet, dan lainnya. Tapi rasa penasaran saya berkembang dan menjadi pertanyaan menggelitik,

“Ada gak ya, channel youtube yang gak cuma motivasi omong kosong doang. Tetapi kita juga bisa praktek dari apa yang dia katakan?”

Dan akhirnya saya menemukan channel milik Thomas ini. Saya ulas salah satu video ya. Anda, bisa menontonnya langsung di youtube di link yang akan saya berikan dibawah.

4 LANGKAH MUDAH BELAJAR HAL BARU

Thomas menjelaskan bahwa kita bisa belajar apa pun hal baru dengan cepat jika kita tahu caranya. Dalam proses belajar, ada 3 tahapan menurut thomas tentunya yang sudah diteliti yaitu kognitif yang artinya tahap pertama kita belajar, asosiatif yang artinya tahap dimana kita jadi sering berlatih dan mulai terbiasa, otonom yaitu tahap dimana kita telah mahir belajar tentang sesuatu. Masalahnya, untuk masuk tahap otonom itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Lalu bagaimana? Thomas menjelaskan, kita sering menghabiskan waktu untuk belajar pada tahap awal berjam-jam. Padahal jika kita mengerti dasarnya saja dan sudah bisa, itu cukup. Untuk itu Thomas menjelaskan pada tahap berikutnya menurut Josh Kaufman.

Pertama, mendekonstruksi. Yaitu, kita pecah bagian-bagian pada hal baru yang ingin kita pelajari menjadi beberapa bagian. Nantinya bisa kita pilih prioritas bagian mana yang ingin kita pelajari lebih lama. Seperti bermain gitar, banyak teknik untuk bisa bermain gitar. Untuk itu kita memecah bagian per bagian agar bisa mempelajarinya lebih terstruktur. Semisal anda ingin belajar akan suatu lagu, maka kunci dari lagu mana yang membuat jari-jari anda kesulitan. Banyak berlatih pada kunci tersebut dan kunci yang sudah paham bisa anda lewati.

Kedua, edukasi. Artinya, setiap dari bagian-bagian yang telah kita pecah tadi dalam bermain gitar diatas, kita revisi kembali. Karena pasti ada bagian dari yang cukup sulit dipelajari dan banyak melakukan kesalahan. Seperti pada kunci tertentu pada lagu yang ingin anda pelajari. Maka perbaiki dan cari tutorial atau cara agar kesalahan tersebut bisa segera diatasi.

Ketiga, eliminasi. Artinya, hilangkan hambatan apa pun untuk anda konsisten dalam belajar. Jika anda ingin belajar sebuah lagu dengan gitar di Youtube, maka hilangkan hambatan kalau anda mengakses sosial media misalnya. Jadi download saja tutorialnya, matikan internet, lalu belajar. Hitung dari hari ke hari berapa jam anda belajar tentang lagu tersebut dengan gitar. Hambatan lain semisal cepat bosan, cepat lelah, harus segera anda cari solusinya. Agar anda tidak mudah menyerah.

Keempat, belajar dengan ahlinya. Di youtube, ada sosok yang ingin kita tiru untuk belajar gitar. Maka tirulah. Banyak orang mengatakan kita meniru, tidak orisinal, namun dalam tahapan belajar hal baru, ini sangat penting. Sama halnya jika anda belajar ilmu bela diri, maka kita akan mengikuti langkah demi langkah persis seperti yang telah diajarkan oleh guru kita. Begitu juga dalam hal lainnya seperti bermain gitar ini. Jadi, jangan khawatir dengan komentar orang lain kalau kita meniru, imitasi dan tidak orisinal. Karena kita baru pada tahapan belajar, belum sampai pada tahapan ahli untuk menciptakan hal baru.

Itu jika kita belajar mandiri, namun jika ingin lebih cepat lagi, kita bisa belajar mengikuti kursus. Kamu bisa menonton video Thomas di How to Learn a New Skill Quickly: A 4-Step Process.

CEPAT BERADAPTASI MENGAMANKAN HIDUPMU

Sama halnya di kantor atau saat membuka usaha. Empat langkah diatas akan membantu mengamankan hidupmu. Sudah banyak hal terjadi seseorang tidak cepat beradaptasi di kantor karena dirinya sendiri kurang cepat dalam belajar dan melihat situasi. Seperti halnya banyak orang membuka bisnis tapi cepat juga bisnis itu jatuh dan bangkrut.

Dengan belajar hal baru di kantor lebih cepat, maka lebih cepat juga mengikuti irama pekerjaan. Apalagi jika anda bekerja di kantor dengan tekanan yang tinggi. Tentu harus terus berlatih karena saya pun pernah merasa gagal dalam beradaptasi di kantor. Cukup memusingkan memang, tapi sebuah tantangan seru. Setiap hal baru akan membuat kita tertantang untuk menaklukkannya lebih cepat.

Buat perencanaan di kertas atau buku harian atau di ms.word milik anda. Catat dengan detail sudah sampai mana anda belajar. Atau catat setiap prestasi, pencapaian yang sudah anda dapatkan. Baik di kantor, di rumah, di tempat bisnis anda. Dengan begitu anda bisa mengukur kemampuan diri,

“Oh, saya sudah paham pada bagian ini, tapi belum mahir, maka saya harus mahir dalam waktu sebulan ke depan.”

Begitu seterusnya nanti dalam waktu satu tahun, anda akan terkejut bahwa anda telah mengalami proses pengembangan diri yang panjang, cepat, dan tidak terduga. Itulah yang dilakukan setiap orang yang anda temui saat mereka memamerkan kesuksesannya. Ada tahapan belajar yang tidak ditunjukkan oleh mereka pada anda. Untuk itu, mulailah dari sekarang, cari hal yang ingin anda kuasai, pecah menjadi beberapa bagian agar anda bisa pelajari, praktekkan, dan perbaiki, revisi dan cek kembali, catat pencapaian anda, dan terus lakukan hingga mahir.

Picture: Youtube

(Visited 38 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?