Belajar Dari Internet Bukan Hal Mustahil

Belajar Dari Internet Bukan Hal Mustahil

Terlambat posting, karena pekerjaan super duper luar biasa di kantor. Selalu ada masalah kecil-kecil yang menggunung menjadi bukit. Tapi tetap harus semangat kan ya. Nah, ada inspirasi menarik nih. Oke, tahu Agung Hapsah? Setelah saya cek, beliau belum masuk ke dalam informasi wikipedia. Jadi mau tak mau harus membaca beberapa ulasan dari berbagai sumber di internet.

Belajar dari internet bukanlah hal yang baru sekarang. Sudah menjadi rahasia umum, bahkan beberapa tugas kuliah nyarinya ya di internet. Loh kok bisa? Karena informasi bisa serba gratis. Sungguh. Jika ada yang belum terungkap sekali pun, maka akan terungkap nanti di masa depan. Termasuk apa sih rahasianya Agung Hapsah mampu menciptakan video-video keren di channel Youtubenya?

Setidaknya, ada 3 sumber penting bagi Agung Hapsah untuk belajar video sejak memulai mencoba membuat dan menguploadnya di Youtube. Yaitu, dari channel youtube Every Frame A Painting dan FilmRiot.  Loh kurang tuh, harusnya kan 3. Ya, salah satu lagi adalah experience atau pengalaman. Hal ini nanti yang akan saya bahas di artikel ini.

PENGALAMAN ITU HARUS DAN WAJIB. TITIK.

Banyak orang akan menyangkal anda, jika anda menyarankan, “belajar aja sih dari internet”. Mereka akan menyangkan, “sudah kok, tapi gak berhasil juga.” Bisa dicerna contoh percakapan yang sering hadir di hidup kita ini?

Banyak orang, termasuk Agung Hapsah, gagal dalam pembuatan filmnya. Bisa di cek di ulasan terbarunya di eenvx. Dirinya membuat efek seperti menghindari tabrakan mobil namun kemudian tertabrak juga. Saat memulainya, editannya sungguh kasar. Begitu yang dijelaskan. Sehingga, bertahun kemudian belajar editing video, dia sangat paham bagaimana cara menghaluskan editan tersebut sehingga tampak begitu nyata.

Pengalaman pribadi itu sangat penting untuk mengetahui kapasitas diri mampu sejauh apa yang bisa kita lakukan. Karena tidak ada satu pun percobaan pertama yang langsung berhasil. Siapa pun itu. Jika pun berhasil, berarti, dirinya telah mencobanya beberapa kali sebelum orang lain melihatnya. Kunci dari pengalaman adalah evaluasi. Sekali lagi, banyak orang gagal belajar dari internet karena mudah sekali menyerah dan berhenti. Seketika itu saja. Padahal gagal ya evaluasi. Nanti akan memahami, bagian mana sih yang perlu di evaluasi? Bagian mana sih evaluasi itu yang bisa segera diperbaiki dan mana yang tidak karena tidak tahu ilmunya?

Setiap pembelajar yang sukses, karena hal itu saja. Tidak lebih dan tidak kurang. Masalahnya muncul, saat mudah menyerah itu tadi. Karena terkait dengan ketidak sabaran. “Lah iya, Agung Hapsah kan usianya masih muda, berarti dia berbakat.” Padahal kalau anda tahu, jangka waktu tiap orang mencapai sukses memang berbeda-beda. Namun, sekali lagi, metode mencapainya serupa. Mencoba, gagal, evaluasi, coba lagi, begitu seterusnya. Masalah waktu hanya masalah waktu. Jauh lebih baik meraihnya di usia 40-50 tahun dibandingkan tidak sama sekali sampai mati kan?

CARA MEMPERCEPAT SUKSES TERUS BAGAIMANA? PERCEPAT PENGALAMANMU!

Jika anda tidak sengaja nih, membaca about dari channel Agung Hapsah yang lain yaitu eenvx, maka anda akan menemukan jawabannya.

I don’t sleep (jawaban ini bisa berubah tergantung about dari channelnya)

Bayangkan bagaimana jadinya jika Agung, memang mengurangi jam tidurnya hanya untuk belajar editing video? Padahal dia masih sekolah loh. Coba cek lagi sejak anda sekolah, pernah mengurangi jam tidur karena ingin belajar sesuatu yang anda sukai? Pasti tidak kan? Itulah bedanya soal waktu. Agung memilih untuk terus belajar lebih banyak di masa mudanya dibandingkan pelajar lainnya mengenai editing video. Padahal bukan tugas sekolah, bukan juga ilmu itu didapatkan dari sekolah.

Hal ini terkait dengan bidang lain seperti bisnis dan pekerjaan. Cek mereka yang bisnisnya meraih omset ratusan juta di usia belia. Cek mereka yang dalam memasuki masa kerja sudah menjadi supervisor, manager, kepala bagian, bahkan wakil direktur. Karena dipastikan satu hal bahwa mereka menikmati proses belajar. Sekali lagi, metodenya sama. Kurangi waktu bersenang-senang anda sekarang, dan perbanyak belajar. Dari internet, dari buku, pengalaman orang lain, dan bereksperimen dengan mencoba terus untuk menjadi bekal pengalaman.

Jadi, jangan sekedar belajar ya, tapi juga tambah pengalaman. Anda belum sukses dalam berbisnis bukan berarti diam. Segeralah mencari ilmu. Pada mereka yang telah sukses lebih dulu, baca buku, dan coba inovasi baru. Bagi anda yang bekerja, jangan diam menikmati kenyamanan kantor dan jabatan hari ini. Anda masih bisa belajar, masih terbuka peluang besar untuk terus bisa merangkak naik posisi atau menjadi ahli dan membangun bisnis sendiri. Soal sukses sederhana, namun menjadi sangat sulit karena tidak mau belajar dan menambah pengalaman.

Picture: Youtube

(Visited 181 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?