Angela Lee Duckworth Meneliti Sukses Itu Daya Juang

Angela Lee Duckworth Meneliti Sukses Itu Daya Juang

Sekali lagi, banyak sekali ilmu sukses di luar sana yang benar-benar bisa kita amati dan pelajari. Banyak yang menjelaskan bahwa pendidikan tinggi akan mengantarkan pada sukses. Atau IQ seseorang jika tinggi maka dia akan mudah sekali mendapatkan sukses. Lantas benarkah demikian?

Kembali saya mengecek beragam video di Tedx dan menemukan playlist yaitu Ted What Is Success. Hasilnya? Saya menemukan video dari Angela Lee Duckworth. Video ini sudah ada sejak tahun 2013 atau 4 tahun yang lalu. Ditonton oleh 2,6 juta orang di Youtube. Apa sih menariknya yang dibahas oleh Angela?

Dirinya seorang psikologis dan mempelajari tentang manusia, muda dan tua, melakukan berbagai observasi di berbagai sekolah di Amerika Serikat, dan memprediksi mana yang akan sukses di kemudian hari mana yang tidak. Kemudian dirinya mendapatkan bahwa bukan seseorang dengan IQ yang tinggi, fisik yang bagus, kemampuan bersosial yang keren, tapi ada satu hal yang pasti di setiap observasi yang dilakukannya yaitu GRIT!

Apa itu Grit? Grit adalah daya juang. Tepatnya bagaimana seseorang memiliki daya juang dalam jangka panjang. Tidak luput juga passion dan kegigihan. Tidak dalam waktu satu hari, satu minggu dan satu bulan. Namun dalam jangka tahunan. Dirinya tidak berhenti dari observasi itu, tapi juga melakukan penelitian. Dengan datang ke sekolah kemudian memberikan lembar pertanyaan terkait dengan GRIT atau daya juang. Siswa yang menunjukkan daya juang tinggi dari pertanyaan yang dia jawab akan di cek hingga kelulusannya.

Hasilnya?

Baik dari ekonomi keluarganya, lingkungannya, berhasil lulus dari sekolahnya dan tidak Drop Out. Lalu bagaimana caranya agar kegigihan dan daya juang itu kita miliki?

TIDAK ADA JAWABAN PASTINYA!

Wah? Inilah yang dikatakan Angela. Bahwa seseorang dengan kemampuan intelektual tinggi, nyatanya tidak semua bisa mendapatkan sukses yang mereka mau. Ini sudah terbukti saat kita masih sekolah, jika anda yang membaca ini sudah bekerja dan berkeluarga, pasti ada satu dua murid cerdas yang anda kenal. Tapi bagaimana mereka sekarang? Silahkan dicek kembali.

Nyatanya, GRIT ini tidak sama sekali terkait dengan IQ seseorang. Lebih terkait dengan Growth Mindset. Artinya, setiap diri seseorang tidak ada kemampuan yang tidak berubah. Bisa berubah menjadi lebih mahir atau sebaliknya menjadi lebih buruk. Tergantung dari konsistensi dan komitmen dari seseorang itu. Sehingga saat seseorang meraih kegagalannya, maka dirinya tidak akan menyerah. Mereka tidak percaya bahwa kegagalan adalah kepastian. Karena masih bisa terus diubah dan diperbaiki.

KEPASRAHAN ITU MENULAR!

Akhir kata dari Angela adalah bahwa jika kita ingin anak-anak kita nantinya menjadi seorang yang memiliki daya juang, maka kita harus juga memiliki daya juang lebih untuk menularkannya pada mereka. Itulah mengapa, kepasrahan itu menular.

Contoh sederhana yang sudah sering masuk dalam pemberitaan adalah seorang anak yang bisa mendapatkan beasiswa hingga kuliah di luar negeri, ternyata dari keluarga yang biasa-biasa saja. Bahkan tergolong tidak mampu. Mengapa? Karena tanpa sadar, kegigihan orangtuanya dalam menjalani hidup menular pada anaknya. Begitu juga sebaliknya, banyak anak dari golongan mampu dan kaya, jatuh dalam keterpurukan di hidupnya karena orangtuanya tidak sekali pun menunjukkan daya juang yang gigih dalam hidup. Mungkin di kantor dan ditempat usaha ya, begitu gigih, tapi sampai di rumah, hal itu tidak ditunjukkan.

Hal ini bisa dimengerti, untuk itu, bisa kita tarik ke dalam hal yang lebih luas lagi. Dalam dunia pekerjaan misalnya.

Seorang atasan kerja anda jika memiliki daya juang yang tinggi, pastilah tidak mementingkan diri sendiri. Tetapi juga mementingkan anda dan rekan-rekan lainnya. Hal itu bisa terlihat dengan mudah dan bisa menular dengan mudah. Silahkan anda tanya pada orang-orang yang sudah bekerja, apa ada bos yang mereka kagumi, sayangi, dan hormati? Jawabannya? Pasti ada. Tetapi juga sebaliknya. Apa ada bos yang mereka tidak suka, benci, bahkan bekerja dibawahnya jadi tidak semangat? Pasti juga ada.

Itulah mengapa, dalam bisnis dan pekerjaan, GRIT juga menentukan sebuah perusahaan maju pesat atau tidak. Karena GRIT sudah terlihat bahkan dari atasan, bos, pemilik usaha. Menular ke rekan kerja, anak buah, karyawan, dan ikut serta dalam menyemangati diri dan penuh daya juang setiap hari. Mau tidak mau, singkirkan status siapa lebih pintar dari siapa. Siapa lebih berprestasi dari siapa. Tapi satukan dengan GRIT tadi, satukan dengan daya juang tadi yang telah menjadi pembelajaran dan juga penelitian.

Jadi, sudah siapkah anda memiliki daya juang untuk meraih sukses?

Picture: richtopia

(Visited 220 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?