5 Strategi Marketing Bisnis Rumahan

5 Strategi Marketing Bisnis Rumahan

5 Strategi Marketing Bisnis Rumahan – Bisnis rumahan kebanyakan dimulai dari modal kecil. Modal kecil ini memang harus dimaksimalkan dan ditempatkan di pos yang tepat. Tak terkecuali dalam proses marketing. Marketing bisnis rumahan sebaiknya tidak mengeluarkan terlalu banyak budget. Meskipun budget marketingnya minim, jika anda jeli dalam menentukan strategi, proses marketing akan berhasil. Tanpa proses marketing yang baik, sebuah usaha akan mudah tumbang. Tak terkecuali usaha rumahan.

Jadi walaupun bisnis anda masih dalam skala kecil, sebaiknya jangan remehkan proses marketingnya. Sejumlah strategi mudah bisa kita coba. Mulai dari strategi offline sampai online. Jika proses marketingnya berhasil, anda akan lebih mudah memperoleh omset, mendapatkan branding yang lebih kuat, dan produk akan dikenal lebih luas. Bagi para pemilik bisnis rumahan, cobalah beberapa strategi marketingnya yang tepat. Berikut ulasan strateginya yang bisa anda coba.

Strategi Marketing Bisnis Rumahan

  1. Melalui pamflet dan brosur

Cara satu ini memang cukup klasik. Namun masih kompatibel dilakukan di era sekarang. Anda bisa membuat selebaran kemudian membagikannya ketika datang ke acara tertentu. Atau ketika berkumpul dengan komunitas, anda juga bisa membagikan media promosi tersebut. meskipun memerlukan modal pembuatan, fungsi brosur dan pamflet sangat optimal dalam mengenalkan usaha ke ranah yang lebih luas.

  1. Memanfaatkan media online

Manfaatkan media online seperti media sosial, toko online, dsb. Jika anda menyasar pasar online, konsumen yang anda dapatkan lebih bervariasi dan banyak. Promosi via online juga lebih terjangkau. Bahkan tanpa mendirikan toko fisik pun anda bisa menjual banyak barang hanya bermodal media online. promosi online juga lebih mudah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan.

  1. Rajin mengikuti pameran

Pameran sangat membantu para pebisnis rumahan. Anda bisa memperkenalkan bisnis secara lebih luas dengan mengikuti pameran. Cobalah aktif mencari tahu acara bazar di daerah anda. pastikan bazar yang anda ikuti memiliki prospek konsumen yang cocok dengan bisnis anda. meskipun harus mengeluarkan budget sewa stand, manfaatnya cukup optimal dalam mengembangkan bisnis anda.

  1. Memperluas relasi

Memperluas relasi bermanfaat agar usaha anda lebih dikenal banyak orang. Anda bisa menambah teman, ikut ke komunitas, aktif bergabung di forum-forum bisnis, dsb. Semakin luas relasi, penjualan pun makin mudah. Anda pun bisa mendapatkan bantuan promosi dari relasi yang dimiliki. Bahkan potensi bekerjasama pun bisa anda lakukan dengan relasi yang lebih luas.

  1. Terapkan sistem konsinyasi

Jika bisnis anda masih skala kecil, coba terapkan sistem konsinyasi. Sistem konsinyasi bisa dikatakan sebagai sistem titipan. Anda bisa menitipkan produk ke toko atau mini market. Sistemnya bisa bagi hasil laba agar sama-sama menguntungkan pihak yang dititipi dan anda. Strategi marketing ini mampu mendongkrak penjualan terlebih jika anda menitipkannya ke toko dengan traffic penjualan padat.

Itu dia beberapa strategi marketing untuk bisnis rumahan agar penjualan dan omsetnya semakin menanjak. Semoga bermanfaat.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Apa Komentarmu?